Selasa, 20 November 2012

makalah Nilai dan Manfaat Secara Tidak Langsung Keanekaragaman Hayati

I.        Pendahuluan
1.    Latar Belakang
Keanekaragamnan hayati terdiri dari kata Keanekaragaman dan hayati. Keanekaragaman dalam bahasa Inggris berarti Diversity yang memiliki arti beraneka macam, sedangkan hayati dapatdi artikan sebagai Mahluk hdup (bio ). Jadi secara luas Keanekaragaman hayati merupakan beraneka macam mahluk hidup di bumi ini . Keanekaragaman hayati dapat terjadi pada berbagai tingkat kehidupan, mulai dari organisme tingkat rendah sampai organisme tingkat tinggi. Misalnya dari mahluk bersel satu hingga mahluk bersel banyak; dan tingkat organisasi kehidupan individu sampai tingkat interaksi kompleks, misalnya dari spesies sampai ekosistem.
Nilai manfaat tidak langsung (nonkonsumtif) keanekaragaman hayati

 Artinya nilai-nilai langsung dari fungsi keanekaragaman hayati.Contohnya  perlindungan daerah aliran sungai, fotosintesis, pengaturan iklan, penelitian ilmu pengetahuan dan pembentukan tanah.
Keanekaragaman hayati juga memberikan pemandangan alam yang indah. Tidak mengherankan apabila para wisatawan mancanegra senang sekali berkunjung ke kawasan hutan , sungai, arum jeram, laut yang masih alami.Tidak sedikit pula hewan-hewan yang mempunyai bentuk fisik bagus atau perilaku nya yang lucu dapat dijadikan hewan pelihara.
Nilai Mamfaat Non Kunsumtif
Keanekaragaman hayati bernilai mamfaat nonkonsumtif artinya mamfaat secara konsumtif dan produktif, misalnya sebagai sumber plasma nutfah, menjaga kelestarian ekosistem, dan memberikan keindahan alam. Selain itu keanekaragamanan hayati juga mempunyai nilai ilmiah dan nilai mental-spritual.
   
1.    Sumber Plasma Nutfah

Masih banyak tumbuhan, hewan dan mikroorganisme yang saat ini belun terindentifikasi. Ii memberi peluang untuk menegmbangkan penelitian demi pemenuhan kebutuhan hidup manausia. Sebagai contoh, tanaman pisang dahulu hanya dimamfatkan buah dan daunnya. Kini diketahui bahwa serat batang pisang dapat dimamfatkan sebagai bahan tekstil atau kerajinan yang mempunyai nilai jual tinggi.

Bukan hanya itu , bebagai jenis makahluk hidup merupakan sumber plasma nutfah yang sangat potensial. Plasma nutfah adalah variasi fenotip dalam populasi suatau jenis makhluk hidup. Variasi dapat menjadi sumber sifat untuk rekayasa genetika dalam mebuat benih baru (rekombian)


2.    Menjaga Kelestarian Ekosistem

Keberadaan keanekaragaman hayati pada suatu daerah sangat besar perananya untuk menjaga proses ekosistem, seperti daun zat dan aliran energi. Keanekaragaman tumbuhan mempunyai peran besar yaitu menjaga tanah dari erosi dan terjaganya proses fotosintesis.

3.    Memberikan Keindahan Alam

Keanekaragaman memberikan pandangan alam yang indah. Coba kalaian bandingkan antara lingkungan yang hanya ditamnami rerumputan denagn lingkungan yang ditanami beraneka macam bunga, mana yang lebih indah ?

Tidak sidikit pula kenekaragaman hewan yang mempunyai bentuk tubuh indah dan menarik tau bersuara bagus menjadi incaran koleksi manusia.


Tumbuhan dan hewan tersebut dapat memberikan keindahan dan hiburan bagi manusia. Oleh karena itu, terjaga dan lestarinya keanekaragaman hayati merupakan syarat mutlak untuk tetap berlangsungnya kehidupan makhluk hidup di dunia. Keanekaragaman hayati akan berkurang atau terancam punah jika terdapat kesalahan dalam pengelolaanya

di koment ya

0 tinggalkan jejak anda, dengan menanggapi postingan:

Posting Komentar

sehabis membaca, tinggalkan pesan anda ya.. sehingga saya bisa tau respon dari orang-orang yang mampir diblog saya.. ok???