Selasa, 20 November 2012

Pentingnya Fisiologi Dalam Budidaya Tanaman




Untuk bisa membuat suatu tanaman tumbuh dengan baik diperlukan wawasan dan ilmu pengetahuan yang mendukung praktik pemeliharaan tumbuhan tersebut. Salah satu ilmu yang harus dipelajari sebelumpraktikan berbagai percobaan media tanam adalah ilmu biologi.
Biologi adalah ilmu yang mempelajari segala hal tentang mahluk hidup termasuk fisiologi tanaman sebagai slah satu cabang ilmu tersebut, menurut definisinya fisiologi tanaman merupakan bagian cabang ilmu biologi yang mempelajari tentang berbagai proses metabolisme untuk membuat tanaman tetap bertahan hidup. Prosestersebut terjadi didalam tubuh tanaman proses metabolisme tanaman dipengaruhi oleh berbagai faktor yang melingkupi lingkunga mikro tanaman tersebut.
Beberapa hal yang perlu kita ketahui dala ilmu fisiologi tumbuhan adalah bagaimana kiata melakukan pengamatan terhadap proses fisiologis. Analisis tersebut  meliputi berbagai pengamatan, perhitungan serta hubungan yg bervariasi antara proses tumbuh kembangnya tanaman dengan hasilnya. Artinya dengan proses pertumbuhan yg baik, maka akan dpt di hasilkan tanaman yang baik pula krndi dukung oleh berbagai faktor lingkungan yg cocok dengan karakter tumbuh tersebut. Elemen lingkungan yang sangat berpengaruh terhadahap pertumbuhan tanaman adalah air, udara dan cahaya artinya fisiologi tanaman juga merupakan ilmu mengenai pistiwa alamia yang terjadi pada tumbuhan sehingga ia bisa hidup dan memberikan banyak manfaat terhadap lingkungan sekitarnya. Peristiwa alamia tersebut meliputi proses, fungsi, dan berbagai respon terhadap lingkungan sekitarnya.

Proses tersebut akan berlangsung secara berkesinambungan karna menyangkut cara tanaman tanaman bertumbuh dan berkembang berbagai proses tersdebut antara lain adalah proses fotosintesis, respirasi, absorbsi ion, pembuangan, translokasi enzim, dan lain-lain.
Dengan kata lain, ada beberapa faktor yang perlu diketahui dalam hubungannya dengan fisiologi tanaman. Faktor tersebut adalah:
-          Faktor genetik
-          Air, cahaya dan udara
-          Hama dan penyakit tanaman
-          Proses fisiologis



di koment ya

0 tinggalkan jejak anda, dengan menanggapi postingan:

Posting Komentar

sehabis membaca, tinggalkan pesan anda ya.. sehingga saya bisa tau respon dari orang-orang yang mampir diblog saya.. ok???