Kamis, 22 November 2012

kesimpulan dan saran skripsi ketahanan beberapa varietas kedelai (Glycine max L.) terhadap serangan nematoda puru akar (Meloidogyne spp)

BAB V.  KESIMPULAN DAN SARAN

5. 1. Kesimpulan
Berdasarkan hasil dan pembahasan dapat disimpulkan beberapa hal antara lain :
1.      Dari keempat varietas yang diuji, varietas Orba (V4) dan varietas Willis (V2) merupakan varietas yang agak tahan terhadap serangan nematoda puru akar Meloidogyne spp.
2.      Varietas Orba (V4) dan Willis (V2) merupakan varietas agak tahan yang dapat digunakan sebagai salah satu strategi pengendalian terpadu.
3.      Dari keempat varietas kedelai yang diuji, didapatkan 2 varietas agak tahan (Orba dan Willis) 1 varietas agak rentan (Argomulyo) dan 1 varietas rentan (Tidar).

5. 2.  Saran
Untuk memperoleh hasil yang baik dalam usaha pertanian kedelai maka sebaiknya menggunakan varietas yang agak tahan nematoda Meloidogyne spp.  seperti varietas Orba (V4) dan varietas Willis (V2).  Selain itu perlu kiranya dilakukan penelitian lanjutan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh nematoda Meloidogyne spp.  terhadap penurunan produksi kedelai untuk masing-masing varietas.

di koment ya

0 tinggalkan jejak anda, dengan menanggapi postingan:

Poskan Komentar

sehabis membaca, tinggalkan pesan anda ya.. sehingga saya bisa tau respon dari orang-orang yang mampir diblog saya.. ok???