Rabu, 12 Desember 2012

"Catatan Perjalanan: " menyusuri keindahan alam tahura vatutela"

menyusuri keindahan alam tahura vatutela, TAHURA (taman hutan rakyat) sebelumnya saya jelaskan dulu bawha letak tahura ini mencakup wilayah  Poboya, layana, dan vatutela di Kotamadya Palu, Sulawesi Tengah. perjalanan saya dan beberapa teman yang kebetulan satu posko KKN, ya sekitar seminggu yang lalu.. sebenarnya sih awalnya saya ga ada niat,cuma merupakan salah satu yang ada diprogram kkn yang sudakami buat, yaitu membuat tapal batas populasi yang ada di Tahura,..
..PERJALAN PUN dI MULAI......>>>>>>>>>>>>
... malamnya kami mengadakan sedikit briving untuk membahas siapa-siapa saja yang mau ikut, serta alat-alat apa saja yang harus dibawa oleh masing-masing individu,.. setelah berembuk akhirnya yang berminat pergi itu cuma 9 orang, padahal yang ikut briving lebih 20 orang loh,.. 
.... Pagi yang tidak begitu cerah,.. saya bngun pukul 6.00 karna kesepakatan jam 6.30 semuanya sudah kumpul,.. semua perlengkapan sudah saya masukan dalam tas, kebetulan saya kebagian membawa tali dan kuas,.. setelah beres.. GOOO... dalam pikiran saya, pasti saya nih paling telat,.. jalan pun dipercepat,. ehhh,.. pas sampai baru 4 orang yang sudah nongol.. pemirsa,.. .. nunggu lagi deh,.. setelah di sms 15 menit kemudian mereka datang,.. dan semuanya sudah berkumpul.. akhirnya pukul 8.15 menit kami mulai perjalanan,..

http://3.bp.blogspot.com/-wlWAEmHnGow/TvmKdiPw7cI/AAAAAAAAAJ8/MTtVCi_yxv4/s1600/SP_A1613.jpg 
http://3.bp.blogspot.com/-YD5E5cvOkRc/TvmKRFRhNPI/AAAAAAAAAJs/P8hWFrxgq1E/s1600/SP_A1608.jpg
foto: pemandangan sekitar setengah jam perjalan..
dan ternyata ada tambahan peserta,.. 1 orng dan ada,..jadi semuanya berjumlah 10 rang.. kebetulan ada cewek yang ikut 3 orang,.  kami berjalan beriringan semuanya terlihat happy,.. yah saling menghibur karena jalannya mendaki,.. tapi tidak curam sih,.. langit  mulai cerah,.. sinar matahari mulai terasa dikulit,.. untuk mencapai areal yang ditumbuhi pohon-pohon hutan, kami harus berjalan sekitar 2 jam,.. (menurut warga setempat) karena kebanyakan arealnya hanya ditumbuhi semak-semak berduri,..

 http://4.bp.blogspot.com/-qDS-ooVLnNc/TvmK96XmrvI/AAAAAAAAAKc/Lc8s0JMq4yc/s1600/SP_A1599.jpg 
foto : ini saya pemirsa (latarnya bukit-bukit disepanjang perjalanan)

.. yah benar saja sekitar 10.30 kami baru menemukan areal yang memang kondisinya seperti hutan,.. pohon yang tumbuh kayanya sengaja ditanam oleh warga, karena jenisnya homogen dan berkelompok,..  jenisnya yaitu didominasi oleh pohon pala.

http://2.bp.blogspot.com/-bqr0B8VXofs/TvmLX_OKTKI/AAAAAAAAALU/s1hQdBP6BrI/s1600/SP_A1633.jpg 
foto : kami beristirahat di stag 1, (blok pohon Pala)
 kami singgah beristirahat,.. dan satu patok blok pun kami tancapkan disini, kami tulis blok pala,.. kareana didominasi pohon pala,.. rasa letih mulai terasa,.. persediaan air sangat minim, saya saja hanya membawa satu botol akua sedang,.. sekitar setengah jam kami beristirahat,.. kami melanjutkan perjalanan,.. tak terdengar lagi suara canda dari teman-teman,.. mungkin semuanya sibuk mengatur nafas,. hehhehe...
http://4.bp.blogspot.com/-TERA9G20whQ/TvmKA5z4v9I/AAAAAAAAAJc/yMpGXZmS4MQ/s1600/LKI.jpg 
foto : suasananya asri sekali,.... hijau lestari nampaknya
areal yang kami lewati berbailk kondisinya dengan yang tadi, kali ini agak enak karna menurun dan  kondisinya sangat hijau banget,.. tak terlihat lagi bukit-bukit,.. yang ada hanya pepohonan besar dan semak-semak di bawahnya pun tidak lagi berduri,.. cahaya matahari sudah tidak dapat menembus,.. menguntungkan juga,.. sih.. apalagi kami menemukan sungai yang airnya sangat jernih,.. sungai inilah yang airnya dimanfaatkan untuk PDAM wilayah vatutela,..

http://3.bp.blogspot.com/-W3TWk9pGZ7I/TvmKGFwP0dI/AAAAAAAAAJk/HG4IwhrkxqM/s1600/SP_A1643.jpg 
foto : nurmin, saya, nunu (susana yang terasa sejuk, dan alami)
  
waktu sudah menunjukan pukul 2,30 kami baru berhasil memasang 2 patok, yang direncanakan sih 3 patok,.. sekarang kami berjalan menyusuri sungai,.. penasaran juga dimana nih ujungnya,.. karena menurut warga ada disini ada air terjunnya,.. (yah walaopun katanya sekitar 10 m saja).. sekitar satu jam kami menyusuri sungai, dan benar saja kami menemukan jalan buntu, yang terhalang bebatuan,.. dan tampak air mengalir namun tidak deras,.. dan langsung terpikir, (ooh, rupanya ini yang warga bilang, air terjun vatutela) airnya tidak deras, dan landasan bawahnya pun cuma selutut,...
 http://2.bp.blogspot.com/-NKN4OKe5z6I/TvmLNZ4D1zI/AAAAAAAAAK0/F8JFbRQtPsU/s1600/SPM_A0068.jpg 
foto : air terjun vatutela (wilayah Tahura)
 
kami tidak ada yang mandi, tapi basah juga sih terkena percikan-percikannya,.. masih bisa dihitung jari orang yang sudah melihat air terjun ini,.. karena menempuh pejalanan sekitar hampir lima jam melewati perbukitan,.. hampir satu jam kami bersuka ria disini,.. sambil foto-foto (sebagai bukti pada teman-teman yang ga ikut) hehehhe,... 
.... setelah merasa puas, pukul 4.15 menit kami sepakat untuk balik, mangingat waktu mau sore,.. dan sudah kami perkirakan kayanya kemalaman nih,.. ( tapi ada pesiapan senter kok).. pulangnya kami tidak lewat jalur yang tadi,.. lewat sungai sedikit terus mendaki, tapi jalur balik ini lebih mendaki, kelebihannya lebih dekat,..
http://4.bp.blogspot.com/-p3pTrMh_5Tk/T6jH8fPv0-I/AAAAAAAAAB8/u8qmbkLgu9U/s320/Foto0979.jpg 
foto ; dari atas bukit ( tampak lokasi tambang emas poboya)
hari sudah mulai gelap, badan terasa sangat letih,.. sudah terdengar suara adzan,..kami mempercepat langah .. tidak jauh lagi sih,. lampu-lampu rumah penduduk sudah terlihat,.. tinggal penurunan saja sudah sampai,.. akhirnya dengan mengucapkan alhamdulliallah, jam 19.10 menit kami sampai... semuanya langsung menuju kedapur mencari air minum,... habislah satu galon,.. hehehehhe,.... ssekian perjalanan saya,.. kurang dan lebihnya terima kasih,..

 “Catatan Perjalanan: Popcorn’s 2nd Anniversary”



di koment ya

16 komentar:

  1. Wah ternyata sobat dari palu yah? sama2 orang sulawesi dongk hehehehe.. kerennn pemandanganyaaa,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. ohh,.. salam kenal dan sob,.. ia q tinggl di perdos,...

      Hapus
  2. Kenapa gak diikutkan lomba di Popcorn aja mas bro??

    BalasHapus
    Balasan
    1. sudah, sob.. mksih infonya,.. tadi saya buka blognya situ,.. dpt info deh,... hehhehee,...

      Hapus
    2. Hahaha,,, mas bro, lupa pasang bannernya tuh, coba dibaca ulang syarat2nya, wajib pasang banner dibawah artikel, hehe... Trims, :D

      Hapus
    3. aduhh, iya..ya.. tapi dah sa kirim ulang yang baru,.. hehhehe,.. terlalu semangat sampe ga baca lengkap persyaratnya,..

      Hapus
  3. cerita nya lengkap bgt..perjalan yang mengasikkan, syang ny di daerah q gag ada bbukitan kya gitu..adanya cuman danau..hii

    slm kenal jg buas mas admin

    BalasHapus
    Balasan
    1. yah,.. sama-sama sob,.. kalau disekitar sini banyak bukit mas,... hehheheheee

      Hapus
  4. Kayaknya senang ya KKn di desa2,,
    Bisa sekalian menjelajah..
    Jadi pngen cpetan KKN deh,,-__-

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehehhe,.. KKN itu asyik tpi ga pengen diulang,.. hehehhe,.. semoga deh dpt tempat seperti PRIMITIF RUN AWAY,..

      Hapus
  5. ga nginep yah ?
    padahal sekalian aja camping , tempatnya kaya yang enak tuh ..
    apalagi ada air terjun nya ..

    BalasHapus
    Balasan
    1. ga ada persiapan,.. lagian ga ada jaringan,.. trus suananya mcm ga mendukung,.. jarang terjamah soalnya,... hehhee

      Hapus
  6. keren pemandangannya bang, emang Indonesia banyak yang gaul-gaul pemandangannya.

    thanks bang udah komen diblog gue. salam kenal juga, sekalian biar tambah akratb follow-followan yuk bang, tuh gue udah :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehehhe,.. mksih sob,.. ok dha tawaranny ana terima,... segera meluncur,.... hoho ^0^

      Hapus
  7. Terimakasih sudah berpartisipasi dalam Giveaway Popcorn's 2nd Anniversary,.. Sudah saya catat :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. aa iah, thanks ya mba,.. semoga masuk didaftar urutan ... hehhe ngarep deh,.

      Hapus

sehabis membaca, tinggalkan pesan anda ya.. sehingga saya bisa tau respon dari orang-orang yang mampir diblog saya.. ok???