Senin, 01 April 2013

tipe-tipe hutan



Tipe hutan ialah istilah yang digunakan bagi kelompok tegakan yang mempunyai cirri-ciri yang sama dalam susunan jenis dan perkembangannya. Ini disebabkan oleh faktor-faktor ekologi tertentu. Jadi merupakan kelompok alami,atau asosiasi berbagai jenis pohon yang tumbuh bersama pada suatu daerah yang luas. Tipe hutan diberi nama menurut satu atau lebih jenis pohon yang dominan, seperti yang dilakukan di amerika serikat. Untuk Indonesia, cara yag lebih lazim digunakam ialah pembagian besar berdasarkn formasi hutan , yaitu suatu kelompok vegetasi yang mempunyai bentuk (life form) yang sama. Misalnya pembagian menurut botaniwan Van steenis (1950), seperti berikut :
1. Hutan hujan tropika selalu hijau dataran rendah
2. Hutan hujan tropika pegunungan rendah
3. Hutan hujan tropika pegunungan tinggi
4. Hutan tropika subalpin
5. Hutan kerangas
6. Hutan pada batu kapur
7. Hutan pada batuan ultrabasa
8. Vegetasi pantai
9. Hutan bakau
10. Hutan payau
11. Hutan rawa gambut
12 a. Hutan rawa air tawar
12 b. Hutan rawa musiman
13. Hutan hujan tropika semi selalu hijau
14. Hutan luruh daun tropika lembab
15. Formasi lain yang beriklim musiman semakin kering
Menurut Surianegara & Indrawan (1977), terdapat keragaman yang besar dalam vegetasi hutan di Indonesia, baik dari segi keadaan ligkungan dan tempat tumbuhnya, maupun dari segi susunan floristiknya,sehingga pada waktu itu masih belum mungkin untuk menyusun klasifikasi vegetasi Indonesia yang lengkap.

di koment ya

0 tinggalkan jejak anda, dengan menanggapi postingan:

Poskan Komentar

sehabis membaca, tinggalkan pesan anda ya.. sehingga saya bisa tau respon dari orang-orang yang mampir diblog saya.. ok???