Senin, 01 April 2013

klasifikasi pohon dalam hutan




Klasifikasi pohon dalam sebuah hutan sangat berguna bagi keperluan pengelolaan hutan. Beberapa cara disebutkan di bawah ini :

1. Klasifikasi berdasrkan ukuran,
misalnya diameter setinggi dada dan tinggi pohon, seperti dalam hutan alam produksi pada HPH (Hak Pengusahaan Hutan):
Semai, tinggi sampai 1,5 m
Pancang,tinggi >1,5 m sampai diameter 50 cm.
2. Klasifikasi berdasarkan posisi tajuk pohon .
Hal ini sangat bermanfaat pada hutan seumur,seperti pada hutan tanaman jati, pinus, mahoni, dll.
Dominan : pohon-pohon dengan tajuk lebar diatas lapisan tajuk, menerima sinar matahari dari atas dan sebagian dari samping.
Kodominan : Pohon-pohon dengan tajuk besar pada lapisan tajuk, menerima sinar matahari langsung dari atas dan sebagian dari samping. Tajuk agak lebih kkecil dari dominant , tetapi sehat dan tegar.
Tengahan : Pohon dengan bagian besar tajuk dibawah lapisan tajuk atau terjepit, menerima sebagian sinar matahari dari atas dan sebagian kecil atau tidak sama sekali dari samping.
Tertekan : Pohon dengan tajuk dinaungi pohon besar dan tidak menerima sinar matahari sepenuhnya, baik dari atas maupun dari samping.

1 komentar:

  1. Apa reference ketika melakukan inventarisasi pohon di hutan alam, dalam penentuan ukuran besar kecil dan produktif pada tanam tumbuh pohon hutan

    BalasHapus

sehabis membaca, tinggalkan pesan anda ya.. sehingga saya bisa tau respon dari orang-orang yang mampir diblog saya.. ok???