Selasa, 02 April 2013

makalah perkembangan hewan : reproduksi kanguru

BAB I
PENDAHULUAN
A.      Latar Belakang
Kanguru adalah hewan mamalia yang memiliki kantung (marsupialia). Hewan ini termasuk hewan khas Australia. Kata kanguru diambil dari bahasa Aborigin gangguru. Kanguru adalah mamalia marsupial terbesar, yang digolongkan pada keluarga Makropodidae. Ia dapat meloncat dengan kaki belakang secara stabil dengan kecepatan 20-25 km per jam. Jika berjalan lamban, ekornya berfungsi sebagai kaki ketiga. Kebanyakan kanguru berjalan dengan kedua kaki bergerak bersamaan, bukan kiri kanan, kiri kanan. Ia pun bisa bertahan tanpa minum air selama berbulan-bulan karena memiliki kantong minuman. Ia adalah pemakan rumput dan dedaunan. Kanguru adalah satwa pemakan tumbuhan. Hewan ini hidup sesuai dengan namanya. Kanguru pohon hidup di atas pohon walaupun ia juga berada di tanah untuk mencari minum.
Kelompok ini juga biasa hidup di antara lebatnya hutan dan semak belukar. Bentuk ekor dari kanguru pohon agak panjang dan bulat serta berbulu lebat dari pangkal hingga ujung ekornya, sedangkan bentuk moncongnya lebih runcing dari bentuk moncong kanguru darat.
Pada kanguru darat kedua kaki depannya jauh lebih kecil dari kaki belakangnya, ekornya meruncing pada bagian ujung dan tidak berbulu. Moncongnya tidak terlalu runcing dan tidak berbulu seperti kanguru pohon. Cakarnya pun lebih kecil. Mungkin ini disesuaikan dengan kebutuhannya yang tidak perlu berpegangan pada dahan pohon seperti lau-lau.
Kanguru (hewan berkantung), mamalia yang memilki kandungan ganda, melahirkan anak yang perkembangannya masih sangat kurang lengkap dan juga ukurannya sangat kecil serta masih lama menempel pada puting induknya. kanguru, baik yang sekarang masih hidup maupun yang sudah menjadi fosil, tergolong infrakelas Metatheria yang bersama dengan Eutheria (mamalia sejati). Infra kelas mamalia yang masih hidup dan yang masih tersisa adalah Prototheria hanya mencangkup monotremata (hewan kloaka) atau mamalia (hewan menyusui) yang bertelur (platypus).

B.  Rumusan Masalah
1.        Bagaimana proses reproduksi Kangguru?
2.        Bagaimana perkembangan fisiologi kangguru ?
3.        Bagaimana perilaku menuju perkawinan dan  perkembangan embrio kangguru?
BAB II
PEMBAHASAN

Kerajaan:
Filum:
Kelas:
Upakelas:
Ordo:
Upaordo:
Famili:
Genus:
Spesies:
Kanguru Abu-abu Timur betina dengan anaknya

REPRODUKSI KANGGURU (Macropus giganteus)

Makhluk hidup dapat menjaga kelanjutan generasinya melalui sistem reproduksi yang berfungsi sempurna. Akan tetapi, manusia dan hewan tidak cukup memiliki sistem reproduksi saja. Mereka juga memerlukan naluri khusus, yaitu naluri seksual, yang membuat proses reproduksi menjadi menarik. Bila tidak, kebanyakan hewan tidak akan mencoba melakukannya meski mempunyai kesempatan untuk bereproduksi. Demikian pula, mereka tentu menghindari kegiatan seksual saat menyadari sulitnya melahirkan, bertelur, dan masa pengeraman.
Dorongan seksual semata juga tidak akan cukup. Meskipun makhluk hidup berhubungan seksual dan menghasilkan individu baru, spesies mereka bisa saja punah bila mereka tidak diciptakan mempunyai naluri untuk melindungi dan merawat anaknya.
Kanguru atau kangguru adalah hewan mamalia yang memiliki kantung (marsupialia). Kata kanguru diambil dari bahasa Aborigin yaitu gangguru. Hewan ini termasuk hewan khas Australia. Kanguru memiliki kebiasaan tidur disiang hari dengan udara yang panas dan berkembang biak apabila ada hujan dan tumbuh tanaman  baru, Kanguru juga memiliki dua kaki yang kuat dan telapak kaki yang  besar, yang sangat membantunya dalam berpindah tempat dengan cara melompat. Sistem reproduksi kanguru sangat berbeda dengan hewan lainnya. Embrio kanguru melewati beberapa tahap perkembangan di luar rahim, yang biasanya terjadi di dalam rahim.
FISIOLOGI KANGURU
Bagian tubuh terbagi menjadi bagian dorsal, ventral, dan lateral. Di bagian tubuh terdapat 2 pasang anggota gerak, anggota gerak bagian depan jauh lebih kecil dari anggota gerak bagian belakang. Anggota gerak bagian belakang kanguru memiliki telapak kaki yang dilengkapi otot-otot yang di desai khusus untuk melompat, oleh karena itu kanguru dapat melompat dengan sangat cepa. Di bagian ventral tubuh terdapat kantung, kantung mempunyai fungsi ganda, yaitu sebagai kandungan kedua dan sebagai tempat terdapatnya puting susu. Kantung yang berada di perut inilah yang merupakan keistimewaan kanguru, sehingga dimasukan dalam Ordo Marsupialia dalam kelompok Mammalia Metatheria walaupun ada juga beberapa spesies kanguru yang tidak memiliki kantung.Di bagian ekor, terdapat ekor, lubang anus, dan organ reproduksi bagian luar. Ekor kanguru memiliki struktur yang kuat, berotot, ekor ini berguna untuk membantu pergerakan pada kanguru saat kanguru tidak sedang melompat.
Cara Kanguru Bergerak
Kanguru merupakan hewan yang unik, dia bergerak dengan cara melompat, kanguru mampu melompat dengan kecepatan 20-25 km/jam ( kategori lambat ), 40-45 km/jam ( umumnya ), 70km/jam ( cepat ). Kanguru dapat melompat seperti itu karena didukung oleh struktur kaki terutama telapak kakinya yang dibentuk oleh otot tebal yang juga dapat memantul-mantul, selain bergerak kanguru juga bisa berlari dengan langkahan selang-seling kaki yang tidak menapak di tanah, jadi seolah-olah seperti melompat, jika sedang berjalan seperti itu, kanguru memerlukan bantuan dari ekornya untuk mengibas ke kiri dan ke kanan. Kanguru tidak dapat berjalan mundur dikarenakan struktur tubuhnya yang melengkung ke depan dan struktur ekornya yang berotot.

PERILAKU MENUJU PERKAWINAN
Ketika kanguru betina mendekati siklus berahi, maka jantan akan mengikuti betina untuk memastikan waktu yang tepat ia akan kawin. Seekor kanguru jantan cenderung akan menjaga jarak sekitar 2 meter dari betina. Namun, betina sering menolak jantan berdasarkan ukurannya. Kanguru betina cenderung menolak kanguru
jantan yang berukuran kecil. Durasi kopulasi biasanya berlangsung antara 15 sampai 30 menit. Dan periode kehamilan kanguru sekitar 31 sampai 36 hari.

PERKEMBANGAN EMBRIO KANGURU
Tidak lama setelah pembuahan, dilahirkan bayi kanguru yang buta, panjangnya satu sentimeter. Biasanya hanya seekor yang lahir. Pada tahap ini bayi kanguru disebut neonatus. Sementara embrio semua mamalia melewati tahap ini di dalam rahim induknya, anak kanguru lahir saat panjangnya baru satu sentimeter. Neonatus tersebut belum berkembang sempurna: kaki depan belum berbentuk, dan kaki belakang baru merupakan tonjolan kecil. Dengan keadaan seperti itu, neonatus tentu tidak dapat meninggalkan induknya.
Setelah keluar dari rahim, neonatus bergerak memanjat menggunakan kaki depan menyusuri bulu-bulu tubuh induk dan tiga menit kemudian tiba di kantong induknya. Kantong induk bagi neonatus sama dengan rahim bagi mam Pada tahap ini, induk kembali mengalami ovulasi dan sel telur terbentuk di dalam rahim. Betina
sekali lagi berkopulasi dengan jantan sehingga sel telur dibuahi. Namun, sel telur yang dibuahi tidak segera berkembang. Bila wilayah Australia Tengah mengalami musim kemarau panjang, seperti yang sering terjadi, telur yang dibuahi tersebut tidak mengalami perkembangan sampai musim kemarau selesai.
Bila musim hujan datang dan padang rumput tumbuh, perkembangan sel telur dimulai kembali.alia lain. Perbedaannya adalah pada mamalia lain anak terlahir dalam bentuk bayi, sedangkan kanguru masih berupa neonatus ketika keluar dari rahim. Kaki, muka, dan banyak organ lainnya belum terbentuk. Neonatus yang telah mencapai kantong, menempelkan dirinya ke salah satu dari empat puting susu dan mulai menyusu. Apabila cuaca mendukung, 33 hari setelah pembuahan, neonatus baru yang sebesar biji kacang merah, merayap dari mulut rahim dan mencapai kantong induknya seperti yang dilakukan kakaknya. Sementara itu, neonatus pertama di dalam kantong telah mengalami pertumbuhan yang nyata. Ia tumbuh tanpa mengganggu adiknya yang panjangnya hanya satu sentimeter. Setelah berumur 190 hari, anak kanguru sudah cukup dewasa untuk keluar dari kantong induknya. Mulai saat itu, anak kanguru menghabiskan sebagian besar waktunya di luar kantong dan sepenuhnya meninggalkan kantong pada umur 235 hari.
Tidak lama sesudah kelahiran anak kedua, kanguru betina kembali berkopulasi, sehingga jumlah anak yang menggantungkan hidup pada induk adalah tiga ekor. Anak pertama sudah dapat makan rumput, namun kadang-kadang kembali ke kantong untuk menyusu; anak kedua masih berkembang dengan menyusu; anak ketiga, yang terkecil, masih dalam bentuk neonatus.
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjwvGQabYKl4h1WVPdURtwA59BHPUwgVPNf1TBLHhLDuz8wUizjzlMehagv__EItclzK5T28JmdT8ATf7AU6xW4_SafSwKqdL7tIbZxUSqjHTjm2xKGu7dKZL04CSIYKLkCbjIBh7dkQg-V/s1600/cats6666.jpg
https://encrypted-tbn3.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcTkCREHTt8PUyPnVGtFkKeWoEc3DSq-3u5LKc13ppt8JoVXAUlkhttps://encrypted-tbn1.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcROxrXf7JGNG9MX-7pSEL0JG7LQOYQXtXZm-D2w7mpLdZ_44LVl
ORGAN REPRODUKSI KANGURU
Jantan terdiri atas testis, epididimis, vas deferens, dan penis. Vas deferens melewati bagian lateral dan posterior untuk kemudian bergabung dengan uretra. Kanguru jantan tidak memiliki vesikula seminalis, sehingga dalam siklus spermatogenesisnya, csperma yang dihasilkan tidak disimpan terlebih dahulu di kantung sperma melainkan langsung disalurkan. Kanguru memiliki saluran epididimisnya berukuran lebar dan memiliki testis yang juga lebar. Pada ujung penis kanguru, ditemukan sebuah percabangan dimana kedua cabang tersebut keduanya berfungsi untuk berkopulasi. Dalam sekali berkopulasi, kanguru jantan menghasilkan berjuta-juta sperma yang nantinya akan membuahi sel telur betina.
Betina
1.      Ovarium merupakan organ utama pada betina. Berjumlah sepasang dan terletak di dalam rongga perut pada daerah pinggang sebelah kiri dan kanan. Berfungsi untuk menghasilkan sel ovum dan hormon
2.      Tuba fallopi merupakan saluran memanjang yang bertugas sebagai tempat fertilisasi dan jalan bagi sel ovum menuju uterus dengan bantuan silia pada dindingnya.
3.      Cervix merupakan bagian dasar dari uterus yang bentuknya menyempit sehingga disebut juga sebagai leher rahim. Menghubungkan uterus dengan saluran vagina dan sebagai jalan keluarnya janin dari uterus menuju saluran vagina.
4.      Uterus Berfungsi sebagai tempat pertumbuhan embrio. Tipe uterus pada kanguru yaitu tipe duplex.

1 komentar:

sehabis membaca, tinggalkan pesan anda ya.. sehingga saya bisa tau respon dari orang-orang yang mampir diblog saya.. ok???