Sabtu, 12 Januari 2013

Cara Alami Menyembuhkan kaki bengkak


Ada banyak hal menyebabkan kaki dan pergelangan kaki menjadi bengkak atau edema. Misalnya gara-gara obesitas, tekanan darah tinggi, atau ibu sedang hamil. Edema sendiri merupakan kondisi yang terjadi saat tubuh mengalami masalah melawan gravitasi, sehingga darah dan cairan berkumpul di area kaki.Edema memang tidak berbahaya, tetapi rasanya cukup tidak nyaman jika digunakan untuk berjalan. Untuk menyembuhkannya, cobalah dengan cara alami seperti yang dilansir dari Care2 berikut ini.

Suplemen magnesium
Kekurangan magnesium bisa memicu bengkak pada kaki. Jadi cobalah untuk mengonsumsi suplemen magnesium secara teratur. Namun jika sedang hamil, ada baiknya mengonsultasikan masalah tersebut dengan dokter.
Yoga
Olahraga mampu meningkatkan sirkulasi darah, sementara yoga adalah salah satu cara untuk menggerakkan tubuh dan fokus pada sistem sirkulasi. Beryoga pun cukup fleksibel untuk dilakukan, misalnya dengan belajar sendiri dari video atau mengambil kelas yoga.

Air tonik
Rendam kaki pada air tonik (minuman berkarbonasi yang mengandung kina). Cara alami ini mampu mengurangi inflamasi yang terjadi pada kaki dan pelan-pelan menyembuhkan bagian yang bengkak.

Minyak grapefruit
Ada dua cara yang bisa dilakukan untuk menyembuhkan kaki bengkak dengan minyak buah grapefruit. Pertama, mandi berendam dalam air yang diberi beberapa tetes minyak grapefruit. Atau menggosokkan langsung minyak grapefruit pada kaki yang bengkak.

Air garam
Sama seperti minyak grapefruit, air garam juga bisa dijadikan alternatif untuk menyembuhkan kaki bengkak. Jika bengkak cukup parah, pilihan mandi berendam lebih baik agar kaki bisa sembuh seperti sedia kala.

Massage
Jangan malu menceritakan masalah kaki bengkak Anda pada ahli massage. Mereka akan tahu cara untuk menyembuhkannya dalam waktu singkat. Untuk ibu hamil, cobalah menghubungi ahli massage atau pijat yang khusus menangani ibu hamil.

Stocking kesehatan
Ada banyak stocking kesehatan yang dijual di pasaran dan memang disarankan untuk dipakai demi mengatasi kaki bengkak. Anda bisa mempertimbangkan untuk membeli stocking kesehatan ini.

Mengangkat kaki
Karena gravitasi adalah penyebab edema, cobalah untuk mengangkat atau memposisikan kaki lebih tinggi dari bagian tubuh. Misalnya berbaring di kasur dan kaki diberi penyangga bantal yang agak tinggi.

Berenang
Berenang juga membantu Anda menyembuhkan kaki yang sedang bengkak. Sebab berenang membuat kaki terus bergerak dan mengapung di air membantu tubuh melawan gravitasi dengan lebih baik.
 
Minum
Terakhir, jangan malas minum air agar kaki tidak bengkak. Jika bosan dengan air putih, Anda bisa menambahkan mentimun dan lemon ke dalamnya. Sebab kedua makanan tersebut adalah agen anti inflamasi yang baik. Itulah berbagai cara alami untuk menyembuhkan kaki bengkak. Jika sakit berlanjut, jangan segan menghubungi dokter.

0 tinggalkan jejak anda, dengan menanggapi postingan:

Posting Komentar

sehabis membaca, tinggalkan pesan anda ya.. sehingga saya bisa tau respon dari orang-orang yang mampir diblog saya.. ok???