Jumat, 23 Agustus 2013

tinjauan pustaka "Dampak pemanfaatan lahan terhadap perairan"


 
[FORESTER UNTAD BLOG] Ketika berlangsungnya pemanfaatan lahan, maka kondisi permukaan lahan dimana aktivitas pemanfaatan tersebut berlangsung akan mengalami perubahan. Perubahan tersebut biasanya dalam bentuk terganggunya lapisan tanah bagian atas (top soils) oleh aktivitas alat-alat berat yang digunakan dalam pemanfaatan hutan sehingga terjadi kerusakan tanah yang diakibatkan oleh penebangan pohon-pohon yang berada pada daerah tersebut. Rhet A Butler (2005) dalam Rudiono (2007) mengemukakan bahwa akar-akar dari pepohonan dan vegetasi hutan membantu menahan tanah. Saat pepohonan di tebangi, taakan adalagi penahan-penahan apapun yang melindungi tananh dan tanahpun akan cepat terbawa hanyut oleh air hujan. Pada tanah hutan, unsure-unsur hara serta komponen organic lainnya berada pada lapisan tanah permukaan. Pelindian unsure-unsur tersebut oleh meningkatnya air larian pada lokasi pemanfaatan akan merubah (meningkatkan) konsentrsi unsure-unsur kimia terlarut di dalam perairan yang akan mengalirkan tangkapan air di atas perairan tersebut. Oleh adanya pemanfaatan hutan menyebapkan perubahan komposisi pohon dan juga pohon-pohon tidak berada pada tempatnya atau berkurang jumlahnya sehingga jumlah unsure hara yang dapat dimanfaatkan oleh kumpulan vegetasi tersebut juga menjadi berkurang. Sisa unsure-unsur hara yang tidak lagi dimanfaatkan oleh vegetasi ini akan menambah jumlah konsentrasi larutan unsure-unsur hara yang masuk ke perairan ketika terjadi aktivitas pemanfaatan sehingga menyebapkan kenaikan air larian dan erosi permukaan ditempat tersebut. Asdak (1995)
MSMAS (2009) menyatakan bahwa terjadinya perubahan pamanfaatan atau tutupan lahan pada daerah aliran sungai (DAS) akan meningkatkan pendangkalan pada jalur aliran sungai sedangkan untuk aktivitas industrialisme akan membuat daerah tersebut tercemar yang di tandai dengan penurunan kualitas perairan yang menyebapkan kepunahan organisme di sekitar daerah tersebut.

di koment ya

1 komentar:

  1. Terimakasih atas informasinya

    irhamabdulazis271.student.ipb.ac.id

    BalasHapus

sehabis membaca, tinggalkan pesan anda ya.. sehingga saya bisa tau respon dari orang-orang yang mampir diblog saya.. ok???