Rabu, 20 November 2013

Jenis-jenis Hubungan Ketergantungan (Dependence) di Hutan



Jenis-jenis Hubungan Ketergantungan (Dependence) di Hutan

Forester untad blog Beberapa jenis tumbu-tumbuhan hutan hidupnya tergantung pada yang lain dalam hal naungan, air, hara mineral dan substratum hidup atau niehe.
a. Epifit
Dalam hutan hujan tropis tumbuhan epifit banyak terdapat, yaitu anggrek, paku-pakuan. Umumnya lebih dari 19% dari pohon-pohon dalam hutan hujan tropis ditumbuhi epifit (Richards, 1952).
b. Parasit
Ada dua golongan parasit, yaitu parasit akar dan semi parasit yang tumbuh seperti epifit pada cabang-cabang pohon. Di Indonesia parasit akar yang terkenal ialah Rafflesia, sedangkan parasit cabang ialah jenis-jenis Loranthaceae (benalu).
c. Mikoriza
Mikoriza (mycorrhiza) adalah hubungan symbiosa antara pohon dengan jamur pada akar pohon. Karena tanah hutan di Indonesia pada umumnya relatif miskin akan hara mineral, maka tidak mengherankan bahwa banyak pohon hutan yang akarnya mengandung mikoriza. Di hutan pegunungan Cibodas 8 2 % dari jenis pohon yang terdapat mengandung mikoriza pada akarnya (Janse, 1897).
d. Nodul Akar
Selain mikoriza, pada akar beberapa jenis-jenis pohon didapati nodul-nodul (bintil-bintil) akar yang mengandung bakteria pengikat N (Nitrogen), misalnya pohon-pohon Podocarpus, Casuarina dan terutama jenis-jenis Leguminosae.
e. Pencekik (strangler)
Strangler adalah jenis tumbuh-tumbuhan yang mulai hidup sebagai epifit pada suatu pohon, kemudian sesudah akar-akarnya sendiri mencapai tanah dan dapat hidup sendiri, tumbuhan ini mencekik dan membunuh pohon tempatnya bertumpu. Yang terkenal adalah jenis-jenis Ficus, misalnya di hutan Way Kambas adalah Ficus rigida (bunuk).
f. L i a n a
Terdapat liana di hutan hujan tropis adalah salah salah satu ciri khas. Yang terpenting adalah liana berkayu yang dapat merupakan bagian dari hutan dan dapat mendesak tajuk hutan dan dapat mendesak tajuk pohon tempatnya bertumpu atau mengisi lubang-lubang tajuk hutan di antara beberapa pohon. Karena itu dalam sistem silvikultur “Tropical Shelterwood System”, pada tahun pertama dilakukan pemotongan liana sebagai salah satu tindakan tindakan penting dalam rangka pembukaan tajuk hutan untuk menstimulir pertumbuhan anakan pohon.
g. Hewan Hutan
Beberapa jenis pohon dalam hal pembuahan dan penyebaran biji atau benih tergantung pada hewan-jewan tertentu, seperti serangga, burung, dan kelelewar.




di koment ya

1 komentar:

  1. Terimakasih atas informasinya

    irhamabdulazis271.student.ipb.ac.id

    BalasHapus

sehabis membaca, tinggalkan pesan anda ya.. sehingga saya bisa tau respon dari orang-orang yang mampir diblog saya.. ok???