Jumat, 08 November 2013

faktor yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan




Faktor – faktor yang dapat Mempengaruhi Pertumbuhan dan Perkembangan
Pada Tanaman

Pertumbuhan dan perkembangan dipengaruhi oleh beberapa faktor. Faktor – faktor tersebut menentukan apakah proses pertumbuhan dan perembangan berjalan dengan baik ataau tidak. Faktor – faktor tersebut dapat terbagi menjadi dua, yaitu faktor eksternal dan internal. Faktor eksternal adalah faktor yang berasal dari luar tumbuhan itu sendiri yang meliputi nutrisi, cahaya, oksigen, air, suhu dan musim. Fator internal adalah faktor yang berasal dari dalam tumbuhan itu sendiri yang meliputi gen dan hormon.


a.     Faktor Eksternal
1.     Nutrisi
Semua mahluk hidup memerlukan nutrisi untuk dapat bertahan hidup. Nutrisi juga merupakan salah satu faaktor utama bagi makhluk hidup agar dapat tumbuh dan berkembang. Oleh makhluk hidup, nutrisi diubah menjadi energi yang diperlukan tubuh. Tumbuhan yang kekurangan nutrisi akan mengalami defisiensi nutrisi yang menyebabkan terjadinya kelainan pada pertumbuhannya.
2.     Cahaya
Cahaya sangat dibutuhkan untuk pertumbuhan dan perkenmbangan tumbuhan. Cahaya yang diperlukan meliputi intensitas cahaya, kualitas, dan lama waktu penyinaran (fotoperiodisme). Cahaya, khususnya sinar mataahari, diperlukan tumbuhan untuk berfotosintesis. Sehinggaa tidak akan tumbuh dan berkembang dengan baik.
3.     Oksigen
Semua makhluk hidup memerlukan oksigen untuk pertumbuhannya, kecuali organisme anaerob. Kekurangan oksigen daapat menyebabkan kelainan pada pertumbuhan dan perkembangan. Jika tidak ada oksigen sama sekali tumbuhan akan mati. Tanah yang baik untuk pertumbuhan tumbuhan pun merupakan tanah gembur yang mengandung banyak oksigen.
4.     Air
Air juga merupakan faktor yang dibutuhkan untuk pertumbuhan dan perkembangan. Kekurangan atau kelebihan air pada tumbuhan dapat menyebabkan kelainan pada pertumbuhan dan perkembangan.
5.     Suhu
Suhu lingkungan merupakan faktor yang penting bagi pertumbuhan dan perkembangan tumbuhaan kaarena berkaitan dengan kemampuan tumbuhan dalam melakukan proses bioligisnya. Suhu yang rendah atau tinggi dapat menyebabkan enzim berfungsi untuk mengedarkan cadangaan makanan keseluruh bagian tumbuhan.
6.     Musim
Pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan juga terpengaruhi oleh musim. Sebagai contoh, ada tumbuhan yang berbunga atau berubah hanya pada musim tertentu. Pergantian musim dapat memengaruhi dormansi pada biji dan tunas. Musim juga memengaruhi dalam hal reproduksi, fotoperiodisme, dan pengguguran daun.
b.    Faktor Internal
1.     Auksin
Hormon auksin alami yang umum ditemukan pada tumbuhan adalah indolacetia Acid (IAA). Auksin diproduksi dimaristem apikal, selain itu juga ditemukan pada daun muda, bunga, dan buah. Auksin merangsang pertumbuhan melalui pemanjangan sel. Auksin yang terdapat dalam maristem apikal batang dapat menghambaat pertumbuhan tunas lateral dan menyebabkan dominasi apikal. Auksin yang diproduksi oleh biji menyebabkan pematangan buah. Selama auksin terkonsentrasi paada buah dan daun, buah dan daun tersebut tidak akan jtuh aatau gugur, auksin juga merangsang pembelahan sel pada jaringan pengangkutan sehingga menumbuhkan jaringan xilem dan fleom yang baru.
2.     Giberelin
Giberelin ditemukan pada tahun 1926 oleh Ewiti Kurosawa. Giberelin merupakan hormon yaang dapat merangang pertumbuhan batang melalui pemanjangan dan pembelahan sel. Hormon tersebut bekerja bersama-sama auksin dan sitokonin. GA3 merupakan hormon alami dari giberelin. Giberelin dihasilkan oleh beberapaa organ yang berad seperti daun muda, embrio, dan akar. Giberelin juga merangsang perkecambahan dan perkembangan kecambah. Selain itu, giberelin juga memengaruhi pertumbuhan ukuran buah, merangsang perbungaan, dan merangsang pembentukan tabung polen.
3.     Sitokinin
Secara umum, sitokinin berfungsi untuk merangsang pembelahan dan diferensiasi sel. Sitokinin dihasilkan didaerah akar dan ditransportasikan melalui xilem kebagian tumbuhan disebelah atas. Sitokinin mempunyai efek yang berlawanan dengan auksin. Auksin menghambat pertumbuhn tunas lateral, sebaliknya sitokinin merangsang pertumbuhan lateral.
Sitokinin juga mempunyai efek memperlambat penuaan organ ataau jaringan. Misalnya, pada daun, sitokinin memperlmbat penuaan daun dengan melakukan perombakan klorofil. Pada bunga dan buah, penuaan diperlambat oleh sitokinin dengan cara menaikkan kecepatan transpor nutrisi. Zeatin merupakan bentuk sitokinin alami nyang dapat ditemukan pada biji jagung.
4.     Asam Absisat (ABA)
Asam Absisat (ABA) disebut juga stress hormone. Hormon tersebut mempunyai kerja yang berlawanan dengan hormon-hormon yang lain, yaitu mengurangi kecepatan pembelahan dan pemanjangan sel. Dengan demikian, ABA dapat menyebabkan biji dan tunas berada dalam keadaan dorman. Selain itu, ABA juga menyebabkan penutupan stomata. Hal tersebut, membantu tumbuhan dalam menghadapi kondisi lingkungan yang kurang menguntungkan.
Selama musim dingin, ABA dapat dijumpai pada kuncup-kuncup tumbuhan. Sehingga menghambat pada kerja hormon auksin dan giberelin. Pada lingkungan dengan suhu tinggi, ABA dapat mengurangi tingkat fotosintesis dan memperlambat penuaan serta membantu dormansi biji.
5.     Gas Etilen
Salah satu fungsi gas etilen adalah merangsang pematangn buah dengan meningkatkan aktivitas enzim yang membantu melunakkan buah. Buah yang matang, selanjutnya, akan menghasilkan gas etilen sehingga jika satu buah masak diletakkan bersama buah lain yang belum masak maka buah yang masak tersebut akan merangsang pematangan buah yang belum masak.
Selain itu, gas etilen juga berfungsi untuk merangsang penebalan batang sebagai respons terhadap lingkungan yang kurang menguntungkan, misalnya angin yang terlalu kencang. Gas etilen juga bekerja sama dengan hormon-hormon lain untuk mengatur pertumbuhan dan perkembangan. Misalnya gas etilen dan ABA mengatur pengguguran daun, gas etilen dan auksinmerangsang pembentukan bunga, gas etilen dan giberelin mengatur perbandingan jumlah bunga jantan dan betina pada tumbuhan monoesis (berumah satu).

di koment ya

0 tinggalkan jejak anda, dengan menanggapi postingan:

Posting Komentar

sehabis membaca, tinggalkan pesan anda ya.. sehingga saya bisa tau respon dari orang-orang yang mampir diblog saya.. ok???