Kamis, 30 Mei 2013

materi tentang pemanfaatan tumbuhan


Bahan pangan
Tercatat sebanyak 46 jenis tumbuhan yang dimanfaatkan sebagai bahan pangan di antaranya adalah mangga (Mangifera indica), kedondong (Spondias dulcis), durian (Durio zibethinus), durian belanda (Annona muricata), nanas (Ananas comosus), manggis (Garcinia mangostana), semangka (Citrulus vulgaris), labu (Cucurbita moschata), petai (Parkia speciosa), jengkol (Pithecelobium lobatum), kelapa (Cocos nucifera), nangka (Artocarpus heterophyllus), tebu (Saccharum officinarum), kapuk (Ceiba petandra), rambutan (Nephelium lappaceum), jeruk nipis (Citrus nobilis), jambu air (Syzygium aquaeum), belimbing manis (Averrhoa carambola), jambu biji (Psidium guajava), dan kluwih (Artocarpus communis). Tanaman lain yang merupakan penghasil karbohidrat di antaranya adalah: ubi kayu (Manihot utilissima), keladi (Colocasia esculenta), dan ubi jalar (Ipomoea batatas).
Bahan obat-obatan
Meskipun sudah ada Puskesmas, namun masyarakat di daerah penelitian masih menggunakan pengobatan tradisional dengan memanfaatkan tumbuhan untuk mengobati berbagai macam penyakit. Tercatat 69 jenis tumbuhan yang dimanfaatkan sebagai obat tradisional.
Sebagai obat mencret mereka memanfaatkan daun muda dan buah delima beras (Psidium guajava) dimakan segar. Sifat dan khasiat dari buah tersebut yaitu mempunai daun yang rasanya manis, sifatnya netral, berkhasiat astringen, antidiare, antiradang, penghenti perdarahan (hemostatis), dan peluruh haid. Buahnya berkhasiat antioksidan karena mengandung beta karoten dan vitamin C yang tinggi sehingga dapat meningkatkan daya tahan tubuh (Dalimartha, 2000). Selain delima beras, sering juga memanfaatkan biji buah pinang yang tua (Areca catechu) dibakar dan dicampur dengan kunyit (Curcuma longa) kemudian digiling ditambah air panas, air perasannya diminum. Bisa juga memakai daun sugourimau (Hyptis capitata) diremas ditambah abu dapur dan garam sedikit kemudian dimakan.
Terdapat tumbuhan penghasil minyak atsiri yaitu nilam (Pogostemon cablin) yang ditumpangsarikan dengan tanaman-tanaman lain seperti cabe, kemiri, pisang, pinang, kacang panjang, pepaya dan lain-lain. Minyak nilam diperoleh melalui proses penyulingan dan dimanfaatkan sebagai bahan kosmetik

di koment ya

1 komentar:

  1. Terimakasih atas informasinya

    irhamabdulazis21.student.ipb.ac.id

    BalasHapus

sehabis membaca, tinggalkan pesan anda ya.. sehingga saya bisa tau respon dari orang-orang yang mampir diblog saya.. ok???