Kamis, 14 Februari 2013

kode etik RIMBAWAN merupakan prinsip pemerintahan JAKOWI.??


# rimbawan #
Rimbawan adalah sekolompok orang yang memiliki dedikasi dan loyalitas yang tinggi terhadap upaya melestarikan hutan dan lingkungan, yang diwujudkan dengan tindakan SEPI ING PAMRIH RAME ING GAWE.
# Etika Rimbawan #
Sebagai sesama forester (rimbawan) tentu kami mempunyai jiwa korsa rimbawan yang sama dan untuk itu sebagai sesama rimbawan mengingatkan Jokowi untuk selalu menjaga kode etik rimbawan, dan untuk itu saya coba petikan kode etik rimbawan yang terkait dengan kepimpinannya sebagai Gubernur DKI yaitu :
Kode Etik Rimbawan
1. Beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa ;
tidak perlu disangsikan ke taqwaan dr Jokowi, walau Bang Rhoma mengatakan ortunya non muslim dia tetap beriman dan memaafkan Bang Rhoma.
2. Menempatkan hutan alam sebagai bagian dari upaya mewujudkan martabat dan integritas bangsa ditengah bangsa lain sepanjang jaman ;
Kawasan hutan DKI Jakarta hanya 4 % dari luas daratan, saat kepemimpinan Jokowi diharapkan Kawasan Hutan DKI bisa bertambah luas.Fungsi kawasan hutan Angke Kapuk dan Cagar Alam Muara Angke juga dapat ditata dengan baik. Di teluk Jakarta ada P.Bokor dan P.Rambut ditetapkan sebagai Cagar Alam agar dikembangkan lagi Pulau-pulau lain sebagai Cagar Alam. Pengelolaan pantai atas ancaman banjir dan penurunan permukaan tanah serta abrasi sudah mengancam kota Jakarta maka Manajemen Hutan Pantai harus dibenahi dengan menjadikan Teluk Jakarta sebagai Hutan Mangrove. Jangan sampai ada lagi izin pengembang real estate yg membangun di teluk Jakarta seperti Perumahan Pantai Indah Kapuk.
3. Menghargai dan melindungi nilai kemajemukan sumber daya hutan dan sosial budaya setempat;
Sebagai seorang rimbawan sekaligus sebagai Gubernur, Jokowi harus menjaga kemajemukan dan jadikan Jakarta sebagai model kerukunan berbangsa dan bernegara, Jakarta dengan kemajemukan social budaya dari seluruh penjuru nusantara melebur menjadi warga Jakarta yang toleran.
4. Menjadi pelopor dalam setiap upaya pendidikan dan penyelamatan lingkungan dimanapun dan kapanpun rimbawan berada.
Kini saatnya Jokowi sebagai Gubernur DKI sebagai pelopor penyelamat lingkungan, agar semua pembangunan kota Jakarta benar-benar berwawasan lingkungan. Dokumen AMDAL bukan hanya sekedar dokumen untuk mendapatkan ijin lokasi atau ijin usaha tetapi didalam pelaksanaannya harus sesuai dengan RKL/RPL yang telah disusun dan apabila perusahaan/pabrik melakukan pencemaran langsung ditindak dan ditutup.
5. Berperilaku jujur, bersahaja, terbuka, komunikatif, bertanggunggugat, demokratis, adil, ikhlas dan mampu bekerjasama dengan semua pihak sebagai upaya mengembankan profesi.
Jokowi merupakan pemimpin yang jujur dan mampu bekerjasama dengan Gubernur Jawa Barat, Walikota Bekasi, Tangerang dan Bogor untuk membangun kota Megapolitan yang baru.
6. Bersikap tegas, teguh dan konsisten dalam melaksanakan segenap bidang gerak yang diembannya, serta memiliki kepekaan, proaktif, tanggap, dinamis dan adaptif, terhadap perubahan lingkungan strategis yang mempengaruhi baik ditingkat lokal, nasional, regional dan global.
Tidak perlu disangsikan lagi bahwa etika rimbawan ini sudah dimiliki oleh Jokowi dan Jokowi akan bersikap tegas serta memiliki kepekaan.
Dari petikan Etika Rimbawan tersebut Jokowi pasti dapat menjalankan dengan baik, dan warga Jakarta bersyukur saat ini dan lima tahun kedepan akan dipimpin oleh seorang rimbawan.
Selamat bekerja buat sang rimbawan.
sumber : http://politik.kompasiana.com/2012/10/02/jokowi-sang-rimbawan-masuk-rimba-jakarta-498053.html

di koment ya

0 tinggalkan jejak anda, dengan menanggapi postingan:

Posting Komentar

sehabis membaca, tinggalkan pesan anda ya.. sehingga saya bisa tau respon dari orang-orang yang mampir diblog saya.. ok???