Rabu, 12 Maret 2014

Peranan (posisi) Ekonomi Sumberdaya Hutan dalam Pengelolaan Hutan

Oleh : RAHMAT HIDAYAT

Ekonomi SDH sangat mendasar posisinya dalam pengelolaan hutan; tanpa pertimbangan atau analisis ekonomi efisiensi pengelolaan hutan sukar tercapai. Analisis ekonomi SDH dapat diketahui apa yang diusahakan, berapa jumlahnya, kapan ditanam dan kapan dipanen serta berapa harga jual sehingga pengelolaan hutan dapat menguntungkan dan berkesinambungan. Pertimbangan- pertimbangan ekonomi tidak hanya pada kegiatan pemanfaatan hasil hutan, tetapi juga berlaku untuk kegiatan konservasi dan rehabilitasi hutan dalam upaya meningkatkan jasa lingkungan dari hutan.

Sebagai illustrasi tentang program pemerintah tentang Gerakan Rehabilitasi hutan dan Lahan (GNRHL), perlu dilakukan analisis ekonomi, untuk memperoleh informasi apakah allokasi dana sudah efisien dalam pencapaian tujuan?, apakah menguntungkan masyarakat sekitar hutan ?, apakah mendorong perekonomian Nasional dan regional?. Informasi tersebut seyogyanya dijadikan dasar untuk menentukan berbagai alternatif kegiatan rehabilitasi hutan untuk mencapai tujuan pengelolaan hutan, yaitu hutan lestari dan masyarakat sejahtara. Demikian pula dalam pengelolaan kawasan hutan konservasi, analisis ekonomi ditujukan untuk memperoleh informasi apakah alokasi dana paling efisien dari berbagai alternatif pengelolaan untuk mencapai tujuan kawasan hutan konservasi dan bagaimana meningkatkan kesejahteraan masyarakat di sekitar kawasan konservasi.

Bahan Bacaan/ Rujukan:

Gregory, G. R, 1978. Forest Resources Economics. The Ronald Press Company: New York.

Mohan P.M.,1984. Forestry For Economic Development, Principles of Economics Applied Management and Utilisation. Medhawi Publishers. India

Sumitro, 1978. Ekonomi Kehutanan. Yayasan Pembina, Fakultas Kehutanan
UGM, Yogyakarta.

Wirakusumah, S. 2003. Mendambakan Kelestarian Sumberdaya Hutan bagi Sebesar-besarnya Kemakmuran Rakyat. Universitas Indonesia Press. Jakarta.

Worrel, A.C. 1959. Economics of American Forestry. John Wiley & Sons, New York.


di koment ya

0 tinggalkan jejak anda, dengan menanggapi postingan:

Posting Komentar

sehabis membaca, tinggalkan pesan anda ya.. sehingga saya bisa tau respon dari orang-orang yang mampir diblog saya.. ok???