Jumat, 11 Oktober 2013

Pengertian dan Karateristik Bioma Taiga

PENGERTIAN DAN KARATERISTIK BIOMA TAIGA
Oleh: RAHMAT HIDAYAT

Pengertian Bioma TAIGA
 Taiga adalah hutan yang tersusun atas satu spesies seperti konifer, pinus, dan sejenisnya. Semak dan tumbuhan basah sedikit sekali, sedangkan  hewannya antara lain moose, beruang hitam, beruang, rubah, serigala, ajag, dan burung-burung yang bermigrasi ke selatan pada musim gugur. Taiga banyak ditemukan di belahan bumi utara, misalnya di wilayah negara Rusia dan Kanada. Bioma Taiga merupakan bioma terluas dari bioma-boma lain yang ada di bumi. Musim dingin di taiga yang dingin dan musim panas yang hangat. 
 
EKOSISTEM BIOMA TAIGA
Taiga mendapat antara 15 dan 30 inci curah hujan setahun. Di musim panas, suhu bisa mencapai 70-an. Di musim dingin, suhu bisa sedingin 65 derajat di bawah nol! Taiga ini kadang-kadang disebut konifera atau hutan boreal.
Ciri-ciri Bioma TAIGA
  1. Mempunyai musim dingin yang cukup panjang dan musim kemarau yang panas dan sangat singkat
  2. Selama musim dingin, air tanah berubah menjadi es dan mencapai 2 meter di bawah permukaan tanah
  3. Jenis tumbuhan yang hidup sangat sedikit, biasanya hanya terdiri dari satu sampai tiga jenis tumbuhan.
Fauna di Bioma TAIGA
Pohon-pohon di Bioma Taiga mempunyai daun yang berbentuk seperti jarum dan mempunyai zat lilin dibagian luarnya sehingga tahan terhadap kekeringan. Kondisi tersebut menyebabkan hanya sedikit hewan yang dapat hidup di daerah bioma Taiga, seperti moose (hewan terbanyak di taiga)
 
JENIS FAUNA YANG MENDOMINASI HABITAT BIOMA TAIGA
beruang hitam, rusa, karibau, rubah, anjing hutan, martin, ajax, tupai, burung gagak hitam, dan srigala,. Berbagai jenis burung pada musim panas datang ke taiga dan pada musim dingin beremigrasi.. Selain itu juga terdapat berbagai serangga mendominasi pada keadaan tertentu seperti kumbag, semut, langau kerbau (hornets), lebah, capung, dan aphids.
Flora di Bioma TAIGA
Biasanya taiga merupakan hutan yang tersusun atas satu spesies dan jenis vegetasi yang mendominasi adalah jenis vegetasi konifer, sehingga hutan yang ada di wilayah bioma taiga sering juga disebut dengan hutan konifer.di antaranya picea, alder, birch, juniper, black spruce, white spruce, tamarack, aspen, abies, pinus, larix, cotton wood, willow, twinflowers, raspberries, high bush, rose hipe, fireweed, mosses, lichenes, crowberries, currants, dwarf dogwood, lingonberris dan sejenisnya. Semak dan tumbuhan basah sedikit sekali. 
JENIS KONIFER, flora yang mendominasi habitat bioma TAIGA

 
MODEL BUAH DARI FLORA HABITAT BIOMA TAIGA
SEKIAN DAN TERIMA KASIH

di koment ya

6 komentar:

  1. Terimakasih atas informasinya

    irhamabdulazis271.student.ipb.ac.id

    BalasHapus
    Balasan
  2. thanks gan tp lain kali plus daftar pustaka ya :D
    -forester ipb-

    BalasHapus

sehabis membaca, tinggalkan pesan anda ya.. sehingga saya bisa tau respon dari orang-orang yang mampir diblog saya.. ok???