Selasa, 01 Oktober 2013

Macam-macam Jenis Tumbuhan Kantong Semar

Tanaman ini memiliki penyebaran yang sangat luas dari pinggir pantai sampai dataran tinggi, karena inilah nepenthes dibagi dalam dua jenis yaitu jenis dataran tinggi dan jenis dataran rendah, walau kebanyakan spesies tumbuh di dataran tinggi. Spesies yang tercatat tumbuh di ketinggian paling tinggi adalah N. lamii yaitu di ketinggian 3,520 m.
Berikut beberapa jenis dari tumbuhan Kantong semar, yang bentuknya sangat menakjubkan dan menggoda, namun siapa sangka tumbuhan dengan penuh pesona ini merupakan pemangsa yang hebat.
 
1. Kantung Semar Termos


     Spesies ini adalah yang paling khas dari genus Nepenthes, bisa ditemukan di Borneo, Sumatra, Thailand, Semenanjung Malaysia, Singapura, Kepulauan Maluku, dan New Guinea. Nepenthes ampullaria juga dikenal sebagai satu-satunya spesies kantong semar yang "vegetarian", dikarenakan kantong tanaman ini tidak memiliki kelenjar nektar pada bibir kantong sehingga jarang ada serangga yang terjebak dalam kantong. Umumnya sebagian besar benda-benda yang ditemukan dalam kantong adalah dedaunan yang membusuk, kotoran hewan, ranting-ranting kecil dan air hujan.
2. Nepenthes aristolochioides
     Tempat di mana tanaman ini tumbuh pada ketinggian 1800–2500 m di atas permukaan laut. Tanaman ini memiliki bentuk yang sangat aneh dibanding biasanya, dengan pembukaan yang hampir vertikal pada kantong penjebaknya. 
     Tumbuhan ini pertama kali dikoleksi oleh Willem Meijer pada 5 Agustus, 1956. The holotype, Meijer 6542, dikoleksi dari Gunung Tujuh di Jambi pada ketinggian 2000 m.
3. Nepenthes appendiculata


     Nepenthes appendiculata adalah tanaman tropis yang hanya diketahui dari Pegunungan Hose tengah Sarawak, Borneo, yang tumbuh di ketinggian 1450–1700 m Meter di atas permukaan laut. Spesies ini ditandai dengan tambahan kelenjar yang membesar pada permukaan tutup yang lebih rendah, serta diberi nama appendiculata
4. Nepenthes ceciliae

from cpphotofinder.com
     Adalah spesies Nepenthes yang belum terdeskripsikan taksonnya. Ini adalah spesies endemik Filipina yang terdapat di pulau Mindanao, dia hidup di ketinggian 1500–1800 m di atas permukaan laut. Penemuannya diumumkan di internet pada Agustus 2011
5. Nepenthes diatas
     Nepenthes diatas adalah tanaman kantung semar endemik Sumatra yang hidup di ketinggian antara 2400 sampai 2900 m di atas permukaan laut. Tidak ada varietas dari N. diatas yang telah ditemukan. Penggunaan nama spesies diatas berasal dari bahasa Indonesia "di atas". Sebenarnya menyalahi aturan preposisi dalam Bahasa Indonesia, namun tuntutan dalam penggunaan nomenklatur binomial yang mengharuskan hanya menggunakan dua nama, yaitu nama genus dan spesies, sehingga kata "di" dan "atas" terpaksa digabungkan.
6. Kantong Semar Berleher

     Adalah spesies Nepenthes yang berhabitat di pulau Jawa dan Sumatera. Nama latin gymnamphora berasal dari bahasa Yunani dari kata gymnos (berleher) dan amphoreus (kantong)
7. Kantong Semar Jamban

     Adalah salah satu spesies kantong semar (Nepenthes) yang endemik Sumatera Utara. Nama spesies ini diambil dari bahasa Indonesia yang mengacu pada bentuk kantongnya yang menyerupai jamban atau toilet. Spesies ini pertama kali dikoleksi pada 22 April 2005 dari selatan Padang Sidempuan.
8. Nepenthes maxima

     Nepenthes maxima tumbuh tersebar di Pulau Sulawesi, Kepulauan Maluku, dan Pulau Papua
9. Kantung Semar Naga
     Adalah tanaman kantung semar endemik Bukit Barisan, Sumatera. Bentuk unik yang membedakan tanaman ini adalah rupanya yang mirip badan botol dan organ yang berbentuk seperti lidah ular yang keluar dari bagian bawah penutup kantungnya. Nama naga diambil dari bahasa Indonesia yang merujuk pada bentuk penutup kantung dan badan eksternalnya serta ukurannya yang besar. Nama ini juga merujuk pada cerita rakyat di Bukit Barisan yang disebut-sebut sebagai habitat naga di masa lalu
10. Kantong Semar Rafflesia
     Memiliki daerah penyebaran yang luas, meliputi Borneo, Sumatra, Semenanjung Malaysia, dan Singapura. Nepenthes rafflesiana memiliki banyak variasi (kedua setelah Nepenthes mirabilis) dengan sebagian di antaranya telah ditemukan. Di Borneo saja, setidaknya telah ditemukan empat varietas yang berbeda satu sama lain. Bentuk raksasanya saja mampu menyaingi spesies Nepenthes rajah dalam ukuran.
11. Kantong Semar Sumatera
     Adalah kantong semar endemik Indonesia, khususnya pulau Sumatra, yang menjadi namanya
12. Nepenthes truncata

     Dinamakan demikian karena bentuk daunnya yang seperti terpotong.Nepenthes truncata adalah salah satu spesies kantong semar yang merupakan tanaman karnivora yang endemik di pulau Mindanao di Filipina. Tanaman ini tumbuh di ketinggian antara 0-1500 m. Tanaman ini pernah ditemui memerangkap tikus.
13. Nepenthes khasiana
Merupakan satu-satunya spesies kantong semar yang berasal dari India.
14. Nepenthes villosa

     Kantong semar ini berhabitat di Gunung Kinabalu dan Gunung Tambuyukon di Pulau Kalimantan
15. Nepenthes Rajah
     Spesies ini juga merupakan tumbuhan endemik di Gunung Kinabalu dan Gunung Tambuyukon di Pulau Kalimantan. Dan termasuk kedalam spesies yang terancam punah.
16. Nepenthes pitopangii

     Nepenthes pitopangii ini endemik di pulau Sulawesi. Nepenthes pitopangii ditemukan pada tahun 2006 dengan penemuan satu spesias di Taman Nasional Lore Lindu
17. Nepenthes madagascariensis
     Nepenthes madagascariensis merupakan salah satu dari 2 spesies kantong semar yang ada di Pulau Madagascar, habitatnya ada di sebelah timur pulau ini.
18. Nepenthes jacquelineae
     Merupakan kantong semar endemik sumatra, dan merupakan salah satu kantong semar paling spektakuler di pulau ini!

3 komentar:

  1. Terimakasih atas informasinya

    irhamabdulazis271.student.ipb.ac.id

    BalasHapus
  2. Lengkap sekali ... www.pergijauh.com

    BalasHapus
  3. Lengkap sekali ... www.pergijauh.com

    BalasHapus

sehabis membaca, tinggalkan pesan anda ya.. sehingga saya bisa tau respon dari orang-orang yang mampir diblog saya.. ok???