Jumat, 11 Oktober 2013

Jenis-jenis Tumbuhan Bioma Perairan Laut dan Tawar

JENIS-JENIS TUMBUHAN BIOMA PERAIRAN LAUT DAN TAWAR
Oleh: RAHMAT HIDAYAT
FORESTER UNTAD BLOG

Jenis-jenis Tumbuhan Bioma Perairan. Kehidupan bawah laut selalu menarik bukan hanya bagi ahli biologi kelautan, tetapi juga untuk orang-orang biasa. Mari kita cari tahu tentang tumbuhan yang tinggal di kedalaman yang berbeda dari laut, membentuk bagian penting dari ekosistem laut.
Bioma laut ditandai oleh beberapa jenis ikan dan tumbuhan. Jenis tumbuhan yang ditemukan di bawah air yang berbeda dari yang ditemukan di daratan. Menggali ke rincian adaptasi dan mekanisme mereka akan memberikan pemahaman yang lebih baik tentang bagaimana mereka bertahan hidup, bahkan pada kedalaman besar laut yang memukau.
Catatan: Dalam arti lebih luas, alga dan fitoplankton disebut tumbuhan, di mana secara botani mereka protista dan tidak termasuk kerajaan Plantae. Artikel berikut terdiri dari eukariota fotosintesis (tumbuhan, ganggang, dan fitoplankton).

Tumbuhan pada Bioma Air Laut dan Air Tawar

✽ Alga Hijau
Alga Hijau
Alga Hijau
Ini adalah kelompok ganggang milik kerajaan Plantae, dan termasuk sub kelompok Chlorophyta dan Charophyta. Ganggang hijau adalah organisme uniseluler kecil berisi klorofil yang memberikan warna hijau terang. Sementara Chlorophyta ditemukan dalam berbagai habitat, charophyta ditemukan secara eksklusif di air tawar, dan dalam kondisi di mana keberadaan garam kurang dari satu persen. Ganggang hijau merupakan spesies yang paling diversely ditemukan ganggang.
✽ rumput laut
rumput laut
rumput laut
rumput laut adalah rumput laut berbunga yang tumbuh di air garam. Mereka tumbuh di wilayah yang luas mirip dengan padang rumput, dan ditemukan terutama pada lebih dangkal, perairan pesisir. Jumlah spesies bervariasi dengan jenis iklim; perairan tropis menunjukkan adanya beberapa spesies padang lamun (hingga 13 spesies yang dicatat), sedangkan seperti di perairan beriklim, maksimal 2-3 spesies yang diamati. Fauna air seperti dugong, penyu hijau, landak laut, angsa, dan kepiting, memakan lamun.
fitoplankton
✽ Diatom
Diatom
Diatom
Ini adalah yang paling sering ditemukan fitoplankton, dan bersel tunggal dengan dinding terbuat dari silika. Terjadi di air tawar dan air laut, reproduksi diatom terjadi dengan dua bagian membelah di mana masing-masing setengah mengembangkan katup baru, membentuk diatom baru. Diatom dibagi lagi menjadi – diatom sentris dan diatom Pennate. Satu dari dua, gerak dilakukan hanya oleh diatom centric (hanya gamet jantan) dengan bantuan flagella. Kadang-kadang, diatom mati dengan selamat diawetkan dalam dasar laut, sehingga menjadi kunci organisme dalam menganalisis kondisi lingkungan masa lalu.
✽ Dinoflagellata
Dinoflagellata
Dinoflagellata
Ini adalah protista uniseluler ditemukan di kedua laut dan air tawar daerah. Setelah diatom, dinoflagellata membentuk sebagian besar dari eukariota laut. Jumlah flagellae dapat bervariasi 1-3. Beberapa dinoflagellata melaksanakan proses fotosintesis, sedangkan beberapa diketahui berwarna dan juga parasit. Red tide, juga dikenal sebagai Bloom ganggang, adalah hasil dari konsentrasi besar dinoflagellata, memberikan badan air warna merah atau coklat.
✽ Alga Merah
Alga Merah
Hal ini juga dikenal sebagai Rhodophyta, di mana sebagian besar spesies (hampir 6000) dari ganggang merah multiseluler. Fitur karakteristik mereka termasuk kehadiran phycobiliproteins (pigmen aksesori yang memberikan ganggang warna merah), eukariotik sel sans sentriol dan flagela, dan penggunaan polisakarida untuk tujuan cadangan pangan. Ganggang merah lebih memilih habitat berbasis kelautan, namun spesies tertentu juga ada di lingkungan air tawar. Beberapa spesies ganggang merah seperti dulse dan bejana yang digunakan dalam penyusunan beberapa aditif makanan.
✽ Alga Coklat
Alga Coklat
Alga Coklat
Phaeophyceae (alga coklat) yang ditemukan dalam berbagai bentuk dan ukuran. Dua unsur karakteristik ganggang coklat yang membuat mereka unik antara lain – pigmen mereka yang bervariasi dari hijau menjadi warna coklat, dan fakta bahwa mereka multiseluler. Anggota paling umum dari kelompok ditemukan di bioma laut, adalah rumput laut, dalam berbagai bentuk. Keliru untuk rumput laut, kelps yang terkait erat dengan organisme ini, dan bentuk ‘hutan’ di dasar laut. Kelps yang banyak digunakan dalam masakan Asia, terutama dalam penyusunan sushi.

Sumber :  http://fitriasri.com/contoh-tumbuhan-bioma-perairan.html


di koment ya

1 komentar:

  1. Terimakasih atas informasinya

    irhamabdulazis271.student.ipb.ac.id

    BalasHapus

sehabis membaca, tinggalkan pesan anda ya.. sehingga saya bisa tau respon dari orang-orang yang mampir diblog saya.. ok???