Minggu, 14 Juli 2013

Syarat-sayarat benda dinyatakan Uang


Forester Untad Blog @ Syarat-syarat benda uang di antaranya sebagai berikut :
1. Digemari oleh umum
Setiap benda yang dijadikan alat tukar harus yang digemari oleh umum, karena bukan untuk kepentingan orang atau golongan tertentu saja, melainkan untuk kepentingan umum.
2. Bernilai tinggi sekalipun dalam jumlah kecil.
Karena benda tersebut akan dijadika alat pengukur nilai atau harga suatu benda yang akan ditukarnya, maka benda uang mesti bernilai tinggi.
3. Kuat, tahan lama dan tidak mudah rusak.
Karena alat tukar ini digunakan dalam perniagaan maka akan berpindah pindah tempat dan pemilik dalam waktu yang relatif lama, maka alat tukar harus tahan lama.
4. Mudah disimpan dan di pindah-pindah.
Disamping berufngsi sebagai alat tukar, uang juga berfungsi sebagai alat menabung / saving. Maka harus mudah disimpan. perniagaan akan terjadi di tempat yang berbeda-beda, karena itu alat bayar harus mudah di pindah-pindahkan, agar tidak merepotkan yang mempergunakan atau membawanya.
5. Berfungsi sama, sehingga satu sama lainnya dapat saling mengganti.
Misalnya : satu granm uang logam = 10 gram uang logam perak. Maka ini berarti nilai kedua logam yang berlainan tersebut dapat dipergunakan untuk saling mengganti satu sama lainnya.
6. Mudah dibagi-bagi menjadi bagian yang lebih kecil tanpa mengurangi nilainya.
Misalnya : satu batang logam emas 100 gram 24 karat = 5 batang logam emas 24 karat, masing-masing batang 20 gram. Jadi walapun di bagi-bagi dalam jumlah kecil nilainya tetap sama.
7. Nilainya tetap dalam jangka waktu lama.
Syarat ini penting karena bila nilainya berubah-ubah dalam waktu singkat, akan mengakibatkan ketidak stabilan nilai tukar alat tersebut.
8. Jumlahnya terbatas.
Bila jumlah suatu benda terlalu banyak beredar di masyarakat maka nilainya akan rendah, oleh karena itu jumlah uang yang beredar harus di atur dan dibatasi.

di koment ya

1 komentar:

  1. Terimakasih atas informasinya

    irhamabdulazis21.student.ipb.ac.id

    BalasHapus

sehabis membaca, tinggalkan pesan anda ya.. sehingga saya bisa tau respon dari orang-orang yang mampir diblog saya.. ok???