Minggu, 14 Juli 2013

Peranan dan fungsi uang dalan perekonomian

 

Forester Untad Blog @ Peranan uang dalam perekonomian adalah sebagai berikut :
1. Menciptakan atau mendorong pembagian kerja dalam masyarakat
Tanpa adanya uang yang berfungsi sebagai alat tukar, sulit terjadinya pembagian kerja dalam proses produksi di masyarakat. Dewasa ini sudah jarang seseorang atau suatu perusahaan memproduksi suatu barang dimulai sejak awal, misalnya sejak memproduksi barang mentah.
2. Mendorong peningkatan jumlah produksi
Dengan adanya pembagian kerja dalam masyarakat, maka produksi cenderung meningkat, sebab perhatian setiap perusahaan tercurah pada bidangnya masing-masing sehingga terjadi spesialisasi yang sangat tajam.
3. Mempengaruhi arah produksi dan konsumsi
Perubahan-perubahan nilai uang tidak saja akan mempengaruhi aktifitas ekonomi, tetapi juga berpengaruh terhadap arah produksi. Bila suatu barang meningkat, maka konsumen akan merubah arah permintaanya terhadap barang-barang dan jasa-jasa yang berada pada jangkauan daya belinya. Kondisi demikian akan menyebabkan produsen mengurangi jumlah produksi barang yang sudah berkurang permintaannya.
4. Mendorong tumbuhnya produk-produk baru
Dengan digunakannya uang, mengakibatkan pembagian kerja sangat tajam. Kondisi ini merangsang tumbuhnya kresai-kreasi baru dalam menciptakan alat pemuas kebutuhan. Dengan demikian akibatnya akan tumbuh produk-produk baru, hal ini dapat kita amati sendiri betapa banyak produk-produk baru yang menjadi kebutuhan kita, padahal sebelum produk itu ada kita tidak merasa butuh dengan produk-produk itu.
5. Mendorong peningkatan kemakmuran masyarakat
Dengan munculnya produk-produk baru tidak hanya semakin banyak alat-alat pemuas kebutuhan, tetapi juga tentunya diawali dengan tersedianya lapangan kerja baru, sehingga banyak tenaga kerja diserap. Ini berarti mendorong peningkatan kemakmuran masyarakat.
6. Mendorong gairah masyarakat untuk menabung
Menyimpan sejumlah besar uang akan lebih baik ketimbang menimbun sejumlah besar barang. ( di Bank tentunya) Menyimpan barang dalam jumlah besar mempunyai resiko tinggi, misalnya : Kecurian, barang mengalami kerusakan, dan uang harga dari barang tersebut bisa berubah-berubah nilainya. Jika barang tersebut di auangkan dan ditabung di BANK, maka resiko tersebut tidak ada, bahkan mungkin bisa mendapat keuntungan karena mendapat bunga.
7. Mempercepat laju pertumbuhan ekonomi
Sebagai konsekuensi dari peranan uang seperti faktor-faktor diatas, maka laju pertumbuhan ekonomipun akan meningkat.

Forester Untad Blog @ Fungsi Uang adalah :
1. Fungsi Primer (Asli)
-sebagai alat penukar umum dan resmi (medium of change) yang berfungsi sebagai alat tukar barang, membeli barang dengan uang dan menjual barang mendapatkan uang.
-Sebagai satuan hitung ( unit of account). dengan uang ini kita menyatakan harga barang-barang dan jasa-jasa yang dipertukarkan.
2. Fungsi Turunan (Akibat fungsi asli uang)
- Sebagai alat pembayaran yang sah
-Sebagai alat penabung dan pembentuk kekayaan
-Alat pendorong kegiatan ekonomi

di koment ya

1 komentar:

  1. Terimakasih atas informasinya

    irhamabdulazis21.student.ipb.ac.id

    BalasHapus

sehabis membaca, tinggalkan pesan anda ya.. sehingga saya bisa tau respon dari orang-orang yang mampir diblog saya.. ok???