Minggu, 01 September 2013

arti dan makna lambang pramuka

ARTI DAN MAKNA LAMBANG PRAMUKA


Lambang Gerakan Pramuka adalah tanda pengenal organisasi Gerakan Pramuka yang bersifat tetap. Lambang ini diciptakan oleh R. Soenardjo Atmodipoerwo, seorang pegawai tinggi Departemen Pertanian yang juga tokoh pramuka.
Lambang ini dipergunakan pertama kali sejak tanggal 14 Agustus 1961, ketika Presiden Republik Indonesia Ir. Soekarno menganugrahkan Panji Gerakan Pendidikan Kepanduan Nasional Indonesia kepada organisasi Gerakan Pramuka melalui Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 448 tahun 1961.
Dipilihnya sillhouette tunas kelapa (bukan tunas kelapa, tetapi bentuk bayangannya) sebagai lambang Gerakan Pramuka terinspirasi dari pohon kelapa (nyiur). Pohon nyiur dikenal memiliki banyak filosofi positif karena setiap bagian pohonnya memiliki fungsi yang baik.
  • Buah nyiur dalam bahasa Indonesia juga disebut “cikal” yang artinya “penduduk asli yang pertama”. Makna yang bisa diambil dari cikal yang tumbuh adalah harapan agar para Pramuka (sebutan untuk anggota Geraka Pramuka) menjadi kader yang menumbuh kembangkan dan membawa bangsa Indonesia menjadi bangsa yang besar. Selain itu, Pramuka bukan hanya dituntut untuk mampu tumbuh, tetapi juga mampu menumbuhkan kader-kader baru dari generasi di bawahnya.
  • Buah nyiur dikenal mampu bertahan lama dan tetap dapat tumbuh dalam kondisi ekstrim. Hal ini mengandung makna, seorang Pramuka harus kuat, baik secara jasmani maupun rohani. Sehingga mampu bertahan dan berkembang di tengah kehidupan yang penuh ujian.
  • Buah nyiur juga dikenal dapat tumbuh dan hidup di mana saja. Di setiap pelosok negeri ini pasti ada pohon kelapa. Maknanya, bawa seorang Pramuka harus mampu beradaptasi dengan masyarakat yang berbeda-beda. Sistem pendidikan Pramuka juga diharapkan bisa diterapkan di semua masyarakat Indonesia yang penuh dengan ke-bhineka-an.
  • Pohon nyiur jika tumbuh maka akan menjulang. Sebagian besar bahkan menjulang lurus ke angkasa menjadi pohon yang sangat tinggi. Maknanya, Pramuka harus bercita-cita tinggi dan lurus. Lurus berarti harus tulus dan jujur, serta mulia. Pohon yang menjulang juga melambangkan pendirian yang kuat dan kokoh tidak mudah diombang-ambingkan oleh pengaruh buruk.
  • Akar nyiur terkenal kuat, karena mampu menopang pohon yang menjulang tinggi. Maknanya, Pramuka harus mempunyai dasar/ landasan keyakinan yang kuat sehingga mampu tetap menjaga cita-citanya yang mulia.
  • Nyiur adalah pohon yang sebaguna dari ujung akar hingga ujung daunnya. Akar dan batangnya sering digunakan untuk struktur bangunan, bahan kerajinan dan membuat alat-alat. Buahnya memiliki nilai nutrisi tinggi, bahkan sabut dan batok penutup buahnya banyak dimanfaatkan manusia. Hal-hal tersebut sangat sejalan dengan konsep kepanduan, berusaha membentuk manusia yang berguna bagi masyarakat. Kehadiran Pramuka di setiap kesempatan senantiasa memberikan manfaat bagi orang lain dan lingkungannya.
SEKIAN DAN TERIMA KASIH

di koment ya

1 komentar:

  1. Terimakasih atas informasinya

    irhamabdulazis271.student.ipb.ac.id

    BalasHapus

sehabis membaca, tinggalkan pesan anda ya.. sehingga saya bisa tau respon dari orang-orang yang mampir diblog saya.. ok???