Minggu, 12 Januari 2014

Klasifikasi, syarat tumbuh dan manfaat bunga matahari

Oleh : Rahmat Hidayat
lokasi : desa pulu
 
 
Klasifikasi Bunga Matahari
  • Kingdom : Plantae
  • Superdivisi : Spermatophyta
  • Divisi : Magnoliophyta
  • Kelas : Mangoliopsida
  • Ordo : Asteridales
  • Famili : Asteraceae
  • Genus : Helianthus
  • Spesies : Helianthus annuus L.
Syarat Tumbuh
Bunga matahari (Helianthus annuus), ditanam pada halaman dan taman-taman yang cukup mendapat sinar matahari, sebagai tanaman hias. Tanaman ini cocok di segala alam tetapi tanaman ini paling subur di daerah pegunungan, daerah yang memiliki kelembaban cukup dan banyak mendapatkan sinar matahari langsung. Bunga matahari dapat tumbuh didataran rendah sampai ketinggian 1.500 meter di atas permukaan laut. Bunga matahari tidak dapat hidup di daerah yang tergenang air. Karena akar-akarnya akan membusuk.

Budidaya Bunga Matahari
Bunga matahari merupakan tanaman semusim. Tanaman ini diperbanyak dengan biji. Biji benih berasal dari bunga pertama induknya yang sudah tua. Caranya dengan penyemaian. Biji benih diambil dan ditabur dalam bekas yang mengandung tanah basah, ia mudah berkecambah dan cepat membesar. Jika hanya butuh sedikit, cukup menggunakan pot sebagai wahana persemaian. Untuk skala besar, semaikan di bedengan. Tunggu 10 hari sejak masa tabur, atau bila tinggi bibit sekitar 15 – 20 cm, baru boleh dipindahkan ke lokasi tanam. Satu lubang, cukup satu bibit. Jarak tanam sekurang – kurangnya 1 meter persegi. Jika terlalu rapat, batang tak akan berkembang dan bercabang. Besaran bunga pun akan mengecil, bahkan kerdil.



Tanaman sebaiknya ditanam pada tanah gembur. Di awal penanaman, taburkan 3 kg pupuk kandang (kotoran ayam, kotoran kambing, kotoran lembu) per bibit. Ulangi saat tanaman berumur sebulan. Berikan 25 gram ZA per batang. Di usia 1,5 bulan, tambahkan 15 gram TSP per batang. Jangan lupa, perhatikan saluran pembuangan air, hama dan penyakit yang bisa mendera. Umur 2 bulan, bunga dari batang utama mulai kuncup, diikuti cabang – cabang di ruas – ruas daun di bawahnya. Satu batang tanaman bisa menghasilkan 10 – 12 tangkai bunga. Untuk pemeliharaan lakukan penyiraman setidaknya sekali sehari. Spesies pokok hiasan ini mampu menarik serangga yang turut membantu proses pendebungaan untuk menghasilkan biji benih bagi pertumbuhan anak benih baru.

  • Bunga : quercimeritrin, (flavon glikosida), sianidinmonogiukosida (antosian glikosida), xantofil, kholina, betaina, sapogenin, helianthoside A – B – C, oleanolic acid, echinocystic acid. 
  • Biji : Protein, globuiin, albumin, glutolin, asam amino esensial, Beta sitosterol, prostaglandin E, chlorogenic acid, quinic acid, phytin, dan 3,4 benzopyrene. Dalam 100 g minyak biji bunga matahari: Lemak total: 100, lemak jenuh: 9,8: lemak tidak jenuh: Oleat 11.7 dan linoleat 72.9, cholesterol:
  • Buah : Minyak lemak dengañ kholina, lesitin, betaina, dan zat samak.
  • Sumsum dari batang dan dasar bunga itu berisi kandungan hemicellulose yang menghambat sarcoma 180 dan Ehrlich ascitic carcinoma pada tikus.
  •  
 Manfaat Bunga matahari untuk pengobatan

Pengobatan Radang Payudara
Untuk mengobati radang payudara potong halus-halus kepala bunga (tanpa biji) lalu jemur. Setelah itu sangrai sampai hangus, lalu giling hingga menjadi tepung atau serbuk. Jika ingin diminum, ambil 10-15 g tepung lalu dicampur arak putih, tambahkan air hangat dan gula secukupnya. Minum ramuan dengan dosis yang sama 3 kali sehari. Saat pertama kali minum ramuan ini harus keluar keringat, karena itu sebaiknya tidurlah menggunakan selimut.

Pengobatan Rematik
Kepala bunga direbus dengan air secukupnya sampai mengental, kemudian ditempelkan ke tempat yang sakit.

Pengobatan Disentri
Biji bunga matahari sebanyak 30 g diseduh, kemudian tim selama 1 jam. Setelah diangkat, tambahkan gula batu secukupnya, lalu diminum.

Memperlancar buang air besar dan kacil
Rebuslah akar bunga matahari sebanyak 15-30 gram lalu minum. Untuk mengobati infeksi saluran kencing rebus akar sebanyak 30 gram. Jangan rebus akar dalam waktu yang lama, segera angkat sewaktu baru mendidih. Kemudian minum setelah dingin.
Perhatian: wanita hamil dilarang minuman rebusan bunga



1 komentar:

sehabis membaca, tinggalkan pesan anda ya.. sehingga saya bisa tau respon dari orang-orang yang mampir diblog saya.. ok???