Rabu, 13 Mei 2015

Prinsip-Prinsip Dasar Pembangunan KPH

Prinsip-prinsip Pembangunan KPH

Mengapa pembangunan KPH harus memiliki prinsip? Prinsip atau azas atau dasar diartikan sebagai kebenaran yang menjadi pokok dasar berpikir, bertindak dan lain-lain (KBBI 1991). Membangun KPH (termasuk mengoperasionalkan KPH) harus memiliki prinsip. Prinsip-prinsip ini dapat menuntun pengelola dalam menyusun rencana pengelolaan yang logis dan sesuai dengan kaidah-kaidah pengelolaan secara berkelanjutan (lestari). Mari kita cermati, prinsip-prinsip apa saja yang ada dalam pembangunan KPH.

1.    Prinsip 1: Efisiensi dan efektifitas pengelolaan

Prinsip efisiensi dan efektifitas pengelolaan hutan dalam konsep KPH adalah berkaitan dengan penetapan wilayah KPH.  KPH ditetapkan dalam satu atau  lebih  fungsi  pokok  hutan  dan  satu  wilayah administrasi atau lintas wilayah administrasi pemerintahan. Seluruh kawasan hutan di Indonesia akan terbagi habis dalam wilayah-wilayah KPH dan akan menjadi bagian dari penguatan sistem pengurusan hutan Nasional, Provinsi, Kabupaten/Kota. Wilayah KPH dapat dievaluasi untuk kepentingan efisiensi, efektivitas serta adanya perubahan tata ruang. Dalam satu wilayah KPH, dapat mencakup lebih dari satu fungsi pokok hutan, dan penamaannya berdasarkan fungsi hutan yang luasnya dominan. 

Gambar 1. Gambaran wilayah KPH.
2.    Prinsip 2: Kelestarian
Pengelolaan hutan secara lestari dalam konteks KPH akan dapat menjamin keberlangsungan ekologi, ekonomi dan sosial fungsi hutan yang diharapkan dapat meminimalisasi masalah degradasi dan deforestasi hutan, masalah lingkungan dan sosial di KPH. Penerapan prinsip-prinsip kelestarian dalam pembangunan KPH ini terutama dalam konteks operasionalisasinya yang dapat berimplikasi pada terjaganya ekosistem hutan secara optimal. Prinsip-prinsip kelestarian pembangunan KPH tersebut meliputi kelestarian ekologi, kelestarian ekonomi dan kelestarian sosial.


Gambar 2. Tiga prinsip kelestarian
Kelestarian ekologi
Prinsip kelestarian ekologi dalam pembangunan KPH berkaitan dengan kegiatan pengelolaan hutan di KPH yang tetap memperhatikan kelestarian fungsi lingkungan guna mendukung keberlanjutan ekosistem hutan sehingga dapat mengoptimalkan manfaat sosial ekonomi masyarakat sekitar hutan.
Kelestarian ekonomi
Prinsip kelestarian ekonomi dalam pembangunan KPH berkaitan dengan keberlanjutan usaha kehutanan di KPH, namun tetap memperhatikan kelestarian ekologi dan sosial.    
Kelestarian sosial
Prinsip kelestarian fungsi sosial dalam pembangunan KPH berkaitan dengan terjaminnya keberlangsungan manfaat sosial sumber daya hutan bagi para pemanfaat hutan dengan melibatkan partisipasi aktif para pemanfaat dalam pengelolaan hutan.

 3.   Prinsip 3: Keadilan
Prinsip keadilan dalam pembangunan KPH berkaitan dengan distribusi manfaat sumber daya hutan bagi para pemanfaat sumber daya hutan. Pemanfaat sumber daya hutan dapat berupa sektor pemerintah, sektor swasta, dan sektor publik (lembaga swadaya masyarakat (LSM), masyarakat. Pengelolaan hutan harus dapat memberikan kesempatan yang sama bagi para pemanfaat hutan dalam mengakses sumber daya hutan.

Gambar 3. Pemanfaat sumberdaya hutan.
4.    Prinsip 4: Kesejahteraan
Prinsip kesejahteraan dalam pembangunan KPH berkaitan dengan peran KPH terutama dalam upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekitar hutan melalui skema kegiatan pengelolaan hutan yang dilakukan. Skema kegiatan pengelolaan hutan ini merupakan upaya pemberdayaan masyarakat setempat yang dapat dilakukan melalui kemitraan kehutanan. Skema ini dapat berupa hutan kemasyarakatan (HKm), hutan tanaman rakyat (HTR), hutan desa (HD), dan skema lain yang  memungkinkan masyarakat mendapatkan izin usaha di bidang kehutanan. 


3 komentar:


  1. Pengertian aborsi iyalah salah satu proses medis untuk mengakhiri janin yang ada di dalam kandungan dengan proses kuret atau Pil Peluntur ( cytotec ), makna aborsi juga dikaitkan dengan makna abortus ..
    Dalam Dunia medis Pengertian aborsi ada 3 maccam :
    Aborsi Spontan / Alamiah.
    Aborsi Buatan / Sengaja.
    Aborsi Terapeutik / Medis.

    Aborsi spontan / alamiah berlangsung tanpa tindakan apapun. Kebanyakan disebabkan karena kurang baiknya kualitas sel telur dan sel sperma.

    Aborsi buatan / sengaja adalah pengakhiran kehamilan sebelum usia kandungan 28 minggu sebagai suatu akibat tindakan yang disengaja dan disadari oleh calon ibu maupun si pelaksana aborsi (dalam hal ini kami sedikan Pil Cytotec Asli untuk aborsi bayi/janin usia kandungan itu)
    Tempat Kami Menyediakan obat aborsi terpercaya.

    Aborsi terapeutik / medis adalah pengguguran kandungan buatan yang dilakukan atas indikasi medik. Sebagai contoh- calon ibu yang sedang hamil tetapi mempunyai penyakit darah tinggi menahun atau penyakit jantung yang parah yang dapat membahayakan baik calon ibu maupun janin yang dikandungnya. Tetapi ini semua atas pertimbangan medis yang matang dan tidak tergesa-gesa untuk menggugurkan kandungan anda,fikirkan dulu sebelum melakukan " ABORSI "

    Cukup sekian dari saya tentang artikel pengertian obat aborsi , jika anda membutuhkan obat aborsi atau obat penggugur kandungan …
    Obat tersebuat bisa anda dapatkan cukup dengan menuju lautan kami www.obataborsi-janin.com
    kami juga sedia Pil Cytotec Asli Paket Usia 1,2,3,4,5,6 bulan....
    MAAF TIDAK SEMUA ORDER AKAN KAMI LAYANI
    KAMI HANYA AKAN MELAYANI PESANAN / ORDER OBAT ABORSI KEPADA PASIEN YANG BENAR-BENAR MEMBUTUHKAN OBAT ABORSI SESUAI PROSEDUR KAMI
    WEB KAMI MEMANG SEDERHANA TAPI KAMI BUKAN PENIPU BUKAN UNTUK MENJERUMUSKAN ANDA, KAMI INGIN MEMBANTU ANDA TENTANG ABORSI.
    Call/Sms ; 081282388966 * PIN BB 274EDEA9 *
    obat telat bulan 100%Aman Dan Tuntas - Jual Obat Aborsi Ampuh

    BalasHapus
  2. gambarnya no image semua ,ass

    BalasHapus
  3. Rumus Poker Online pada umumnya gampang dilakukan, bilamana kalian mengetahui jumlah 56 kartu yang nanti akan dikombinasikan untuk mendapatkan kemenangan dalam bermain
    asikqq
    dewaqq
    sumoqq
    interqq
    pionpoker
    bandar ceme
    betgratis
    paito warna
    prediksi sgp

    BalasHapus

sehabis membaca, tinggalkan pesan anda ya.. sehingga saya bisa tau respon dari orang-orang yang mampir diblog saya.. ok???