Jumat, 11 Oktober 2013

Pengertian dan Karateristik Bioma Stepa

PENGERTIAN DAN KARATERISTIK BIOMA STEPA (Padang Rumput)
Oleh: RAHMAT HIDAYAT
Pengertian Stepa (Padang Rumput)
Stepa yang dalam Bahasa Inggris disebut steppe, merupakan sebuah padang rumput biasanya terbentang dari daerah tropika sampai ke daerah subtropika yang curah hujannya tidak cukup untuk perkembangan hutan. Stepa adalah dataran tanpa pohon (kecuali yang berada di dekat sungai atau danau) yang umumnya ditumbuhi rumput pendek.
EKOSISTEM BIOMA STEPA (Padang Rumput)

Bentuk dari stepa berupa semi-gurun, biasanya tertutup oleh rumput atau semak, atau mungkin keduanya, tergantung berdasarkan musim dan garis lintang. Istilah stepa juga digunakan untuk menunjukkan iklim pada suatu daerah yang terlalu kering untuk menunjang suatu hutan, hanya saja tidak cukup kering untuk menjadi gurun.
Ciri-ciri Bioma Stepa (Padang Rumput)
  1. Curah hujan tidak teratur, antara 250 – 500 mm/tahun
  2. Tanah pada umumnya tidak mampu menyimpan air yang disebabkan oleh rendahnya tingkat porositas tanah dan sistem penyaluran yang kurang baik sehingga menyebabkan rumput-rumput tumbuh dengan subur.
  3. Beberapa jenis rumput mempunyai ketinggian hingga 3,5 m
  4. Memiliki pohon yang khas, yaitu akasia
  5. Wilayah persebaran bioma Stepa meliputi Afrika, Amerika Selatan, Amerika Serikat bagian barat, Argentina dan Australia.
Fauna di Bioma Stepa (Padang Rumput)
faunanya meliputi herbivora dan karnivora, yaitu rusa, antelop, harimau, kanguru, harimau, singa dan ular. Ketika melihat Discovery Channel atau tayangan fauna seringkali diperlihatkan bagaimana keadaan stepa yang sesugguhnya. 
JEBIS FAUNA PENGHUNI BIOMA STEPA

Di beberapa negara, biasanya stepa dijadikan sebagai tempat konservasi bagi binatang-binatang yang terbilang langka.
Flora di Bioma Stepa (Padang Rumput)
AKASIA, pohon yang hidup di bioma stepa

Flora yang berhasil hidup di bioma stepa adalah pohon akasia dan semak belukar.

SEKIAN DAN TERIMA KASIH

0 tinggalkan jejak anda, dengan menanggapi postingan:

Posting Komentar

sehabis membaca, tinggalkan pesan anda ya.. sehingga saya bisa tau respon dari orang-orang yang mampir diblog saya.. ok???