Jumat, 11 Oktober 2013

Pengertian Bioma dan Pembagian Jenis-Jenis Bioma

PENGERTIAN BIOMA DAN PEMBAGIAN JENIS-JENIS nya
Oleh : RAHMAT HIDAYAT

Forester untad blog .. Pengertian dan Penggolongan Jenis-jenis Bioma. Jika Anda bepergian di seluruh dunia, Anda dapat mengunjungi gurun kering dengan banyak kaktus, Kutub Utara yang dingin dengan kehidupan tanaman kecil, atau hutan hujan tropis lembab. Ini berbagai daerah di Bumi yang semuanya disebut bioma. postingan ini sedikit membahas tentang berbagai jenis bioma.
Definisi Bioma
Bioma adalah daerah yang luas di Bumi dengan kondisi yang serupa, seperti iklim serta mahluk hidup.
Ada dua jenis kategori utama dari bioma:
Bioma darat biasanya ditentukan oleh jenis vegetasi yang hadir. Faktor utama iklim yang berkontribusi terhadap jenis vegetasi di bioma ini adalah temperatur dan curah hujan.
Bioma air ditentukan oleh jenis air yang dikandungnya.
Ada banyak sistem klasifikasi yang berbeda digunakan untuk menentukan bioma, masing-masing menghasilkan jumlah yang berbeda bioma. Di sini kita hanya akan mencakup beberapa bioma utama (9 darat dan air 4).
Bioma Tundra
Bioma terdingin disebut tundra. Bioma tundra terletak di bagian Utara (Kutub Utara) dan Kutub Selatan (Antartika) . Tundra juga ditemukan di atas gunung-gunung pada ketinggian yang sangat tinggi. Vegetasi sangat rendah di tanah dan termasuk semak pendek, rumput, dan lumut. Lapisan lapisan es, atau tanah beku permanen, biasanya muncul.
Bioma Taiga atau Hutan Boreal
Taiga atau hutan boreal ditemukan di selatan kutub es. Bioma taiga Itu bersuhu dingin dan bersalju. Vegetasi sebagian besar terdiri dari jenis konifera pohon cemara. Pohon konifer adalah mereka yang memiliki daun seperti jarum. Bioma ini juga kadang-kadang disebut hutan konifer utara.
Bioma Hutan Gugur beriklim
Hutan gugur beriklim memiliki musim panas yang panas dan musim dingin. Vegetasi meliputi semak, lumut, dan pohon berdaun lebar. Pohon berdaun lebar seperti pohon ek dan maple, yang gugur (kehilangan daun mereka selama musim dingin). Ini adalah bioma alami yang banyak ditemukan di Amerika Serikat bagian timur.
Bioma Hutan hujan beriklim sedang
Hutan hujan beriklim memiliki suhu yang sedang dan hujan sepanjang tahun. Mereka menerima lebih dari 60 inci hujan per tahun dan merupakan rumah bagi banyak pohon, lumut, dan pakis. Mereka menempati daerah yang sangat kecil di semua benua, kecuali Afrika dan Antartika. Di Amerika Serikat, hutan hujan beriklim dapat ditemukan di Washington dan Oregon.
Bioma Stepa / Padang Rumput
Padang rumput di Midwestern Amerika Serikat dianggap padang rumput beriklim sedang. Bioma ini sebagian besar terdiri dari rumput dan dapat ditemukan di semua benua, kecuali Antartika. Biasanya tidak ada semak besar atau pohon di padang rumput beriklim sedang. Sementara suhu sama dengan yang di hutan gugur sedang, biasanya ada sedikit curah hujan.
Bioma kaparal
The chaparral atau bioma semak belukar yang ditemukan hanya beberapa wilayah kecil, termasuk bagian dari Australia, di sekitar Laut Mediterania, dan di sebagian besar California. Bioma ini sebagian besar berisi semak dan kering dan panas di musim panas. Di musim dingin,  adalah dingin dan lembab. Kebakaran sering terjadi di daerah chaparral, begitu banyak tanaman memiliki lapisan lilin tebal untuk melawan kerusakan akibat kebakaran. Selain itu, banyak tanaman bergantung pada kebakaran untuk perkecambahan benih pada tepat mereka.
Bioma gurun
Gurun adalah daerah yang sangat kering dengan umumnya kurang dari 10 inci hujan per tahun. Gurun dapat berupa panas, seperti di Afrika, atau dingin, seperti di Antartika. Suhu biasanya berubah secara dramatis antara siang dan malam. Satu-satunya tanaman yang hidup di gurun adalah mereka yang disesuaikan untuk menghemat air. Ini termasuk kaktus dan semak-semak dan rumput.
Bioma sabana
Sabana juga kadang-kadang disebut padang rumput tropis karena mereka ditemukan di daerah tropis hangat dan sebagian besar terdiri dari rumput. Sabana memiliki kedua musim hujan dan musim kemarau. Selama kekeringan, kebakaran sering membunuh pohon yang mungkin sudah mulai tumbuh. Anda mungkin paling akrab dengan savana di Afrika yang merupakan rumah bagi gajah, jerapah, dan Zebra.
Bioma Hutan Hujan Tropis
Hutan hujan tropis yang ditemukan di dekat khatulistiwa. Suhu yang hangat sepanjang tahun. Hutan hujan tropis sangat lembab, dan di mana saja dari 60 sampai hampir 400 inci hujan dapat jatuh dalam satu tahun. Kehidupan tanaman sangat berlimpah dan termasuk pohon-pohon tinggi berdaun lebar, tanaman merambat, pakis, palem, dan tanaman kecil. Bioma ini adalah rumah bagi lebih dari setengah dari semua spesies darat!
BIOMA AIR
Bioma air tawar
Hanya sebagian kecil air bumi adalah air tawar. Sebagian besar dapat ditemukan di sungai, danau, dan lahan basah. Sungai dan anak sungai kecil memiliki air yang mengalir dalam satu arah. Air biasanya dingin dekat sumber, atau awal, sungai. Air cenderung hangat karena mendapat lebih dekat ke akhir sungai, atau mulut. Danau atau kolam masih termasuk Perairan. Rawa memiliki air permanen dan banyak tanaman air, beberapa tanaman lahan basah yang termasuk tanaman rawa dan lili air.
Bioma samudra
Samudra adalah badan laut besar air yang mengandung air asin. Zona pasang surut adalah daerah antara daratan dan lautan. Bagian itu terkena saat air surut, sementara itu ditutupi dengan air pada saat pasang. Zona pelagik adalah air terbuka yang jauh dari pantai. Hal ini biasanya jauh lebih dingin daripada zona pasang surut.
Bioma Terumbu karang
Dalam hangat, perairan dangkal di seluruh dunia, terumbu karang dapat ditemukan di dekat pantai. Air di sini cenderung bening dan kurang nutrisi. Terumbu karang memberikan perlindungan dan makanan untuk hewan lain, termasuk ikan, kura-kura laut, bintang laut, dan berbagai invertebrata.
Bioma Estuari
Muara adalah tempat di mana air tawar dan air asin bercampuran. Hal ini terjadi di mana sungai bertemu dengan laut. Air di muara memiliki lebih banyak garam dibandingkan air tawar tetapi garam kurang dari laut, dan itu disebut air payau. Hewan yang hidup di muara sungai, seperti pantai burung dan kepiting, harus mampu mentolerir air yang dicampur ini.
Ringkasan Pengertian Bioma Jenis Bioma
Bumi memiliki banyak daerah iklim yang berbeda atau bioma. Ada baik bioma terestrial dan bioma air. Faktor yang paling penting mendefinisikan bioma terestrial adalah temperatur dan curah hujan. Beberapa bioma utama di darat meliputi: tundra, taiga, hutan gugur sedang, hutan hujan sedang, beriklim padang rumput, chaparral, gurun, savana, dan hutan hujan tropis. air tawar bioma air meliputi danau, sungai, dan lahan basah. Bioma laut termasuk terumbu karang dan lautan. Muara adalah di mana air tawar bercampur dengan air asin.

Sumber : Berbagai Sumber
SEKIAN DAN TERIMA KASIH

1 komentar:

  1. mantap kak .. Jangan lupa kunjungan baliknya di http://goo.gl/xpJeem aku tunggu loh jangan pelit pelit hehe nice deh

    BalasHapus

sehabis membaca, tinggalkan pesan anda ya.. sehingga saya bisa tau respon dari orang-orang yang mampir diblog saya.. ok???